digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Lauqhi Mahfudh
PUBLIC Irwan Sofiyan

LiNi0,5Mn1,5O4 atau lebih dikenal sebagai LNMO merupakan jenis material katode yang berpotensi untuk aplikasi kendaraan listrik maupun perangkat elektronik dimasa mendatang. Hal ini karena LNMO dapat bekerja pada tegangan kerja yang tinggi dan densitas energinya yang tinggi. Dalam penelitian ini, metode solid-state digunakan untuk mendapatkan material LNMO. Akan tetapi, LNMO memiliki permasalahan terhadap pelarutan ion logam dan dekomposisi elektrolit yang dapat menurunkan retensi kapasitas dan performa katode ketika diuji pada rapat arus yang tinggi. Penambahan lapisan pelindung LiAlO2 dapat melindungi LNMO dari degradasi dan meningkatkan performa dari katode LNMO. Hal ini dikarenakan lapisan pelindung LiAlO2 yang bersifat konduktif secara ionik yang dapat membantu difusi ion litium. Adanya keberadaan lapisan pelindung LiAlO2 pada LNMO membuat morfologi pada permukaan semakin kasar namun tidak merubah struktur kristal dari LNMO itu sendiri. Keberadaan lapisan pelindung LiAlO2 pada LNMO berdampak terhadap performa ketahanan yang baik ketika pengujian rate capability dan adanya peningkatan nilai retensi kapasitas setelah baterai diuji selama 150 siklus. Disamping itu, keberadaan lapisan pelindung LiAlO2 akan meningkatkan konduktivitas dari LNMO yang ditunjukkan dengan nilai resistansi dari baterai yang rendah.