digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Daffa' Alexander
PUBLIC Alice Diniarti

Sebagai alat transportasi darat yang mulai banyak digunakan dan berpotensi mengangkut banyak penumpang, diperlukan suatu analisis pada struktur kereta cepat untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan. Penelitian ini menganalisis kegagalan lelah (fatigue) pada struktur battery bracket dan fastener penghubung battery bracket ke struktur underframe kereta cepat. Analisis statik pada battery bracket dilakukan untuk mendapatkan gaya reaksi yang selanjutnya digunakan untuk melakukan analisis dinamik. Hasil analisis dinamik berupa spektrum tegangan selanjutnya digunakan untuk melakukan perhitungan umur battery bracket. Analisis dinamik pada battery bracket menghasilkan juga spektrum gaya terkonsentrasi di posisi dimana fastener diletakkan. Spektrum gaya terkonsentrasi ini selanjutnya dapat digunakan untuk melakukan analisis dinamik pada struktur fastener. Hasil analisis dinamik pada fastener-pun digunakan untuk melakukan perhitungan umur. Metode perhitungan siklus rainflow counting dan Miner’s rule dilakukan dalam perhitungan umur struktur. Mengasumsikan lintasan sepanjang 140 km untuk rute Makassar – Parepare, yang terdiri atas lintasan lurus dengan kereta berkecepatan 110 km/jam dan 220 km/jam serta lintasan berbelok dengan radius kelengkungan 2000 m, dan 1 trip (1 kali pulang-pergi) setiap hari pengoperasian kereta, diperoleh umur struktur battery bracket selama 56 tahun (setara 20499 trip) dan umur struktur fastener selama 54 tahun (setara 19668 trip).