digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Kota Bandung merupakan salah satu kota yang menjadi destinasi kuliner di Indonesia dengan perkembangan jumlah restoran yang sangat cepat. Cepatnya perkembangan jumlah restoran di Kota Bandung membuat lingkungan persaingan dalam beberapa segmen menjadi semakin ketat. Uncle Chen, sebuah restoran yang berlokasi di kota Bandung yang memiliki mie yang disebut bakmi sebagai produk utamanya terkena dampak dari cepatnya perkembangan jumlah restoran di kota Bandung. Ditengah persaingan nya yang semakin ketat, Uncle Chen mengalami keadaan penjualan yang stagnan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara elemen Bauran Pemasaran dengan Loyalitas Konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan pengumpulan data dengan survei online yang didistribusikan kepada 230 responden yang merupakan konsumen Uncle Chen yang pernah datang ke Uncle Chen dalam 6 bulan terakhir. Data yang telah dikumpulkan diproses menggunakan metode PLS-SEM. Hasil penelitian mengungkapkan elemen Bauran Pemasaran yang terdiri dari Produk, Harga, Promosi, Tempat, Manusia, dan Bukti Fisik memiliki hubungan positif yang signifikan dengan Kepuasan Konsumen dan Kepuasan konsumen juga berhubungan positif secara signifikan dengan Loyalitas Konsumen. Kepuasan Konsumen memediasi Sebagian hubungan antara elemen Produk dan harga dengan Loyalitas Konsumen. Hanya elemen Proses yang tidak memiliki hubungan positif yang signifikan dengan Kepuasan Konsumen maupun dengan Loyalitas konsumen. Temuan penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pengelola restoran terutama pengelola restoran Uncle Chen untuk membuat rencana strategi pemasaran mereka berdasarkan elemen bauran pemasaran yang telah teridentifikasi memiliki hubungan positif yang signifikan dengan Loyalitas Konsumen.