Pada Jalan Tol Ruas Sigli – Banda Aceh Seksi 1 memiliki kontur yang berbukit dan
pekerjaan konstruksi dilaksanakan menggunakan metode open cut. Untuk
mencapai Finish Grade (FG) Jalan Tol Pada STA 15+425 sd 15+700, dilakukan
penggalian dengan rencana ketinggian lereng galian mencapai 40 meter sehingga
harus dilakukan analisa stabilitas lereng dengan rekomendasi proteksi lereng yang
tepat maupun melakukan pelandaian bentuk lereng untuk menjaga stabilitas lereng
galian. Beberapa alternatif proteksi lereng yang akan dievaluasi diantaranya
menggunakan Shotcrete dengan wiremesh, serta Matras Perkuatan Tipe III Geomat
HDPE.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kestabillan lereng galian dan
mengevaluasi kinerja proteksi lereng galian, terbatas pada 2 (dua) alternatif proteksi
lereng dari aspek biaya, waktu pelaksanaan, kemudahan pelaksanaan serta
keamanan lereng.
Hasil Penelitian ini diharapkan dapat memberikan evaluasi terhadap usulan proteksi
lereng, sehingga didapatkan proteksi lereng galian yang lebih efisien, lebih cepat
dan juga keamanan dari lereng galian dalam tersebut dapat terjamin selama jalan
tol beroperasi.