digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pertumbuhan asset kripto yang masif mengharuskan bisnis untuk beradptasi. Dompet crypto adalah salah satu komponen penting dari penyimpanan cryptocurrency. Studi ini akan berkonsentrasi pada Zumo, sebuah perusahaan layanan dompet crypto. Zumo bermaksud untuk mengembangkan bisnisnya di luar Inggris Raya di tahun mendatang. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk merancang strategi ekspansi internasional Zumo. Beberapa kerangka kerja dan evaluasi digunakan dalam analisis untuk memfasilitasi pencapaian tujuan. Empat putaran penilaian dilakukan untuk memilih negara target ekspansi, yang sesuai untuk mengevaluasi 245 negara berdasarkan berbagai karakteristik penting. Temuan evaluasi ini menunjukkan bahwa Spanyol adalah opsi terbaik untuk mencapai tujuan ekspansi internasional Zumo. Strategi dibangun dengan menggunakan kerangka analitis internal dan eksternal. Perspektif berbasis sumber daya, kerangka kerja VRIO (Berharga, Langka, Mahal untuk Ditiru, dan Terorganisir), dan pemasaran Segmenting-Targeting-Positioning (STP) digunakan untuk kerangka kerja analitik internal. Selain itu, PESTEL (Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi, Lingkungan dan Hukum) dan porter’s five forces digunakan untuk menentukan peluang dan ancaman eksternal Spanyol untuk Zumo. Hasil analisis internal dan eksternal disusun dalam kerangka SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat) untuk memberikan gambaran yang lebih luas dari setiap temuan penting yang dapat diteliti lebih lanjut. Analisis SWOT dikumpulkan ke dalam matriks External Factor Evaluation (EFE) dan Internal Factor Evaluation (IFE) untuk menghasilkan hasil yang kuat dan bermakna. Matriks IE menunjukkan bahwa penetrasi pasar adalah solusi optimal untuk situasi Zumo saat ini. Matriks TOWS juga dikembangkan untuk memberikan strategi alternatif untuk Zumo.