Pertumbuhan asset kripto yang masif mengharuskan bisnis untuk beradptasi. Dompet crypto
adalah salah satu komponen penting dari penyimpanan cryptocurrency. Studi ini akan
berkonsentrasi pada Zumo, sebuah perusahaan layanan dompet crypto. Zumo bermaksud untuk
mengembangkan bisnisnya di luar Inggris Raya di tahun mendatang. Tujuan utama dari
penelitian ini adalah untuk merancang strategi ekspansi internasional Zumo. Beberapa
kerangka kerja dan evaluasi digunakan dalam analisis untuk memfasilitasi pencapaian tujuan.
Empat putaran penilaian dilakukan untuk memilih negara target ekspansi, yang sesuai untuk
mengevaluasi 245 negara berdasarkan berbagai karakteristik penting. Temuan evaluasi ini
menunjukkan bahwa Spanyol adalah opsi terbaik untuk mencapai tujuan ekspansi internasional
Zumo.
Strategi dibangun dengan menggunakan kerangka analitis internal dan eksternal. Perspektif
berbasis sumber daya, kerangka kerja VRIO (Berharga, Langka, Mahal untuk Ditiru, dan
Terorganisir), dan pemasaran Segmenting-Targeting-Positioning (STP) digunakan untuk
kerangka kerja analitik internal. Selain itu, PESTEL (Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi,
Lingkungan dan Hukum) dan porter’s five forces digunakan untuk menentukan peluang dan
ancaman eksternal Spanyol untuk Zumo. Hasil analisis internal dan eksternal disusun dalam
kerangka SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat) untuk memberikan gambaran
yang lebih luas dari setiap temuan penting yang dapat diteliti lebih lanjut. Analisis SWOT
dikumpulkan ke dalam matriks External Factor Evaluation (EFE) dan Internal Factor
Evaluation (IFE) untuk menghasilkan hasil yang kuat dan bermakna. Matriks IE menunjukkan
bahwa penetrasi pasar adalah solusi optimal untuk situasi Zumo saat ini. Matriks TOWS juga
dikembangkan untuk memberikan strategi alternatif untuk Zumo.