digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Suci Dwi Cahyani
PUBLIC Irwan Sofiyan

COVER_Suci Dwi Cahyani.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB I_Suci Dwi Cahyani.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB II_Suci Dwi Cahyani.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB III_Suci Dwi Cahyani.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan

BAB V_Suci Dwi Cahyani.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan

PUSTAKA Suci Dwi Cahyani
PUBLIC Irwan Sofiyan

Wilayah pesisir pantai dengan karakteristik tanah berpasir halus yang lepas dan jenuh dengan tingkat kegempaan tinggi berpotensi terjadinya likuifaksi. Upaya preventif untuk meminimalkan dampak negatif kerusakan terhadap konstruksi yang dibangun akibat likuifaksi diperlukannya perbaikan tanah yang tepat. Pada tesis ini disajikan hasil kajian potensi likuifaksi akibat gempa yang disajikan dalam bentuk peta Liquefaction potential index (LPI) berdasarkan rumusan yang diusulkan oleh Iwasaki dkk (1978) pada area airside Proyek Pembangunan Infrastruktur Bandar Udara. Evaluasi potensi likuifaksi berdasarkan data Cone Penetration Test (CPT) dihitung menggunkan rumusan Robertson dan Wride (1998). Estimasi penurunan permukaan tanah akibat likuifaksi dihitung menggunakan metode Zhang dkk. Dalam penelitian ini, pemaparan prinsip – prinsip fundamental keberhasilan pelaksanaan metode Dynamic Compaction akan dibahas secara terperinci meliputi evaluasi compaction energy, pemilihan bentuk ponder, tinggi jatuh, jumlah phase kompaksi, heave penetration test, trial test, efek vibrasi, aspek pelaksanaan, pemilihan equipment dan machinery, pretest dan post test dan termasuk usulan acceptance criteria pada metoda Dynamic Compaction. Keberhasilan metoda Dynamic Compaction sebagai mitigasi likuifaksi juga dikonfirmasi melalui data post test (CPT) yang telah dilakukan pada area studi kasus ini.