ABSTRAK Suci Dwi Cahyani
PUBLIC Irwan Sofiyan COVER_Suci Dwi Cahyani.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan BAB I_Suci Dwi Cahyani.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan BAB II_Suci Dwi Cahyani.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan BAB III_Suci Dwi Cahyani.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan BAB V_Suci Dwi Cahyani.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan PUSTAKA Suci Dwi Cahyani
PUBLIC Irwan Sofiyan
Wilayah pesisir pantai dengan karakteristik tanah berpasir halus yang lepas dan jenuh dengan tingkat
kegempaan tinggi berpotensi terjadinya likuifaksi. Upaya preventif untuk meminimalkan dampak negatif
kerusakan terhadap konstruksi yang dibangun akibat likuifaksi diperlukannya perbaikan tanah yang tepat. Pada
tesis ini disajikan hasil kajian potensi likuifaksi akibat gempa yang disajikan dalam bentuk peta Liquefaction
potential index (LPI) berdasarkan rumusan yang diusulkan oleh Iwasaki dkk (1978) pada area airside Proyek
Pembangunan Infrastruktur Bandar Udara. Evaluasi potensi likuifaksi berdasarkan data Cone Penetration Test
(CPT) dihitung menggunkan rumusan Robertson dan Wride (1998). Estimasi penurunan permukaan tanah
akibat likuifaksi dihitung menggunakan metode Zhang dkk. Dalam penelitian ini, pemaparan prinsip – prinsip
fundamental keberhasilan pelaksanaan metode Dynamic Compaction akan dibahas secara terperinci meliputi
evaluasi compaction energy, pemilihan bentuk ponder, tinggi jatuh, jumlah phase kompaksi, heave penetration
test, trial test, efek vibrasi, aspek pelaksanaan, pemilihan equipment dan machinery, pretest dan post test dan
termasuk usulan acceptance criteria pada metoda Dynamic Compaction. Keberhasilan metoda Dynamic
Compaction sebagai mitigasi likuifaksi juga dikonfirmasi melalui data post test (CPT) yang telah dilakukan
pada area studi kasus ini.