ABSTRAK Christopher Kennard Wibowo
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Tingginya tingkat persaingan usaha di industri bahan baku alam membuat PT X
senantiasa bertransformasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Dalam rangka
bertahan dalam perubahan ini, PT X perlu untuk memahami tipologi pelanggannya.
Pada saat ini, penentuan tipologi pelanggan dilakukan secara manual sehingga
proses pengambilan keputusan sulit dilakukan secara cepat. Adapun kebutuhan
untuk memperbaharui model yang lebih sesuai dengan perubahan karakteristik
pelanggan. Oleh sebab itu, melalui penelitian ini akan dirancang sistem informasi
penentuan tipologi pelanggan yang membantu PT X dalam pengambilan keputusan
pengelolaan pelanggan.
Sistem informasi yang akan dirancang akan menggunakan metodologi framework
for Application of System Thinking (FAST). Model penelitian yang digunakan
adalah model RFM dengan modifikasi dengan variabel penelitian berupa recency,
frequency, monetary. Proses penentuan tipologi pelanggan dilakukan menggunakan
pendekatan data mining yaitu clustering dengan menggunakan algoritma K-means.
Selain penentuan tipologi pelanggan, akan dilakukan menentukan urutan pelanggan
prioritas menggunakan customer lifetime value (CLV) dan juga rekomendasi
strategi pengelolaan pelanggan untuk setiap kelompok. Lebih lanjut, prototipe
rancangan sistem informasi ini akan diverifikasi dan validasi kepada stakeholders
dari PT X.
Berdasarkan variabel RFM diperoleh 8 kelompok pelanggan yang diurutkan
berdasarkan prioritasnya, yaitu northern america champion, international potential
loyalist, northern America recent, international recent, local recent, international
hibernating, northern america lost, dan local hibernating. Hasil penentuan tipologi
pelanggan tersebut dipetakan ke dalam prototipe rancangan sistem informasi yang
berbasiskan website sebagai luaran dari penelitian