digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Christopher Kennard Wibowo
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Tingginya tingkat persaingan usaha di industri bahan baku alam membuat PT X senantiasa bertransformasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Dalam rangka bertahan dalam perubahan ini, PT X perlu untuk memahami tipologi pelanggannya. Pada saat ini, penentuan tipologi pelanggan dilakukan secara manual sehingga proses pengambilan keputusan sulit dilakukan secara cepat. Adapun kebutuhan untuk memperbaharui model yang lebih sesuai dengan perubahan karakteristik pelanggan. Oleh sebab itu, melalui penelitian ini akan dirancang sistem informasi penentuan tipologi pelanggan yang membantu PT X dalam pengambilan keputusan pengelolaan pelanggan. Sistem informasi yang akan dirancang akan menggunakan metodologi framework for Application of System Thinking (FAST). Model penelitian yang digunakan adalah model RFM dengan modifikasi dengan variabel penelitian berupa recency, frequency, monetary. Proses penentuan tipologi pelanggan dilakukan menggunakan pendekatan data mining yaitu clustering dengan menggunakan algoritma K-means. Selain penentuan tipologi pelanggan, akan dilakukan menentukan urutan pelanggan prioritas menggunakan customer lifetime value (CLV) dan juga rekomendasi strategi pengelolaan pelanggan untuk setiap kelompok. Lebih lanjut, prototipe rancangan sistem informasi ini akan diverifikasi dan validasi kepada stakeholders dari PT X. Berdasarkan variabel RFM diperoleh 8 kelompok pelanggan yang diurutkan berdasarkan prioritasnya, yaitu northern america champion, international potential loyalist, northern America recent, international recent, local recent, international hibernating, northern america lost, dan local hibernating. Hasil penentuan tipologi pelanggan tersebut dipetakan ke dalam prototipe rancangan sistem informasi yang berbasiskan website sebagai luaran dari penelitian