digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Muhammad Husain
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Sony Sugema College (SSC) merupakan lembaga bimbingan belajar yang telah berdiri sejak tahun 1990. SSC menawarkan berbagai jenis program dan jurusan (IPA dan IPS). SSC memiliki lebih dari 15 cabang di indonesia. SSC masih menyediakan jasa secara konvensional yaitu dengan tatap muka. SSC sedang mengalami hambatan terutama selama pandemi Covid-19. Sejak pandemi jumlah siswa pada SSC cenderung mengalami penurunan sebesar 42% dibandingkan dengan tahun 2021. SSC memiliki sejumlah target siswa pada tahun 2022, namun hal tersebut belum tercapai hingga saat ini. Untuk mencapai target tersebut, SSC perlu menyusun strategi bauran pemasaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan konsumen untuk meningkatkan keputusan pembelian. Identifikasi variabel bauran pemasaran yang berpengaruh positif dan signifikan secara parsial (pengaruh setiap variabel) dan secara simultan (pengaruh seluruh variabel) terhadap keputusan pembelian dijadikan tujuan dalam penelitian ini. Dengan tujuan tersebut, dibangun model berdasarkan penelitian terdahulu yang membahas mengenai pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian. Model tersebut kemudian dianalisis dengan teknik partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) untuk mengidentifikasi variabel bauran pemasaran yang berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil yang ditunjukkan dari penelitian ini yaitu seluruh variabel bauran pemasaran meliputi produk, harga, lokasi, promosi, bukti fisik, orang/SDM, dan proses secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian, hasil menunjukkan bahwa promosi (promotion), tempat (place), dan proses (process) merupakan variabel yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dengan hasil ini, strategi bauran pemasaran dirancang berdasarkan aspek promosi (promotion), tempat (place), dan proses (process).