digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 TS PP APONG SURYANI 1.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

2023 TS PP APONG SURYANI 2.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

2023 TS PP APONG SURYANI 3.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Game adalah sebuah bentuk hiburan yang ditentukan oleh sistem, pemain terlibat dalam konflik buatan dan peraturan dengan hasil yang terukur. Role playing game (RPG) adalah salah satu tipe game yang cocok untuk pembelajaran. Pendidikan karakter nasionalis disisipkan dalam materi Pendidikan Kewarganegaraan yang diajarkan sejak kelas 1 sekolah dasar. Anak sekolah dasar kelas 1 saat ini adalah generasi alfa yang hidup berdampingan dengan teknologi, terbiasa menggunakan telepon genggamnya untuk mencari informasi dan hiburan seperti bermain game. Penelitian dan perancangan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman nilai nasionalisme pada anak kelas 3 dan 5 SD yang mereka dapatkan melalui mata pelajaran PKn Ketika kelas 1 SD, serta merancang mobile edugame sebagai media pendukung pendidikan karakter nasionalis bagi anak kelas 1 SD. Teori- teori utama yang digunakan dalam kajian pustaka dari penelitian ini adalah pendidikan karakter nasionalis anak sekolah dasar kelas 1, mobile edugame, serta teori DDE sebagai framework perancangan mobile edugame ini. Pengumpulan data terhadap anak kelas 3 dan 5 SD dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman mereka terhadap materi PKn kelas 1, sedangkan pengumpulan data terhadap anak kelas 1 sekolah dasar dilakukan untuk mengetahui preferensi game dari target pengguna. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan observasi. Observasi lapangan dilakukan dengan mengikuti mata pelajaran PKn kelas 1 untuk mengetahui bagaimana cara guru memberikan materi PKn kepada siswa. Kebaruan dari penelitian dan perancangan ini terletak pada pertama, luaran penelitian berupa perancangan mobile edugame yang mencakup materi pendidikan karakter nasionalis untuk kelas 1 SD sebab penelitian terdahulu hanya diperuntukkan untuk kelas 5 SD. Kedua, terdapat ensiklopedia mengenai materi pendidikan karakter nasionalis yang lengkap dan dapat dilihat dan dibaca sebelum permainan dimulai, dalam penelitian sebelumnya tidak ada ensiklopedia dan materi di dalamnya hanya membahas baju adat daerah Indonesia.