digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 TS PP SYAHRUL PRIBADI 1.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

PT Samudera Indonesia Tbk (Samudera) adalah perusahaan yang sedang giat mengembangkan organisasi, program kerja, dan layanan usahanya untuk mengantisipasi perubahan persaingan. Samudera perlu mengomunikasikan perubahan besar tersebut kepada para pemangku kepentingan sekaligus sebagai bagian dari strategi penguatan corporate brand perusahaan melalui divisi korporat komunikasi. Divisi komunikasi korporat menghadapi tantangan terkait perubahan demografi pemangku kepentingan yang didominasi oleh orang berusia muda dan berdampak pada perubahan preferensi pemangku kepentingan tersebut terhadap konten visual dan teks. Mereka lebih menyukai konten dengan visual yang kreatif dan teks yang informatif. Sementara tampilan konten visual dan teks yang ada tidak menarik minat pemangku kepentingan untuk membaca dan memahami. Akibatnya tingkat pengetahuan pemangku kepentingan terhadap Samudera rendah. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara dan focus group discussion dengan beberapa responden yang mewakili pemangku kepentingan untuk menemukan rancangan konten visual yang kreatif dan teks yang informatif, struktur in-house creative, dan tata kelola. Penelitian dilakukan dengan pendekatan design thinking mulai mencatat keluhan dan masukan responden (ideation), menentukan permasalahan yang terjadi (define), dan mengeksplorasi ide pemecahan masalah (ideation) melalui analisis tematik. Setelah proses ideation, fase berikutnya adalah membuat prototipe struktur organisasi in-house creative, tata kelola, dan konten visual yang kreatif dan teks yang informatif. Pada fase terakhir peneliti mencatat penilaian responden kembali atas ketiga rancangan tersebut dan membuat rangkuman analisis atas ketiga rancangan tersebut. Dari hasil rangkuman analisis, peneliti menyampaikan kesimpulan bahwa dengan merancang struktur organisasi in-house creative yang ideal dan tata kelola yang terstruktur, akan menghasilkan konten dengan visual yang kreatif dan teks yang informatif. Konten seperti ini akan lebih menarik perhatian para pemangku kepentingan untuk membaca dan memahami informasi yang disampaikan. Semakin baik pemahaman pemangku kepentingan terhadap rancangan konten visual dan teks yang dihasilkan, akan menguatkan hubungan keterikatan pemangku kepentingan terhadap Samudera.