digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Ecommerce pada saat ini menjadi salah satu topik yang dibicarakan oleh masyarakat maupun para peminat teknologi dikarenakan keuntungan yang didapat dari ecommerce serta peluang yang besar untuk berkembang di dunia industri. Perusahaan ecommerce berlomba-lomba untuk memberikan fitur kepada pengguna dan meningkatkan fungsionalitas yang sudah ada agar semakin mudah untuk digunakan. Untuk bisa memberikan fitur baru serta meningkatkan fungsionalitas yang ada, perusahan ecommerce membutuhkan informasi yang bisa digunakan sebagai pembantu evaluasi dari aplikasi ecommerce. Salah satu cara untuk mendapatkan informasi tersebut adalah dengan process mining. Process mining terdiri dari tiga jenis yaitu process discovery, conformance, dan enchancement. Fokus dari penelitian adalah process discovery yang bertujuan untuk mendapatkan suatu model proses dengan menggunakan media data log. Hasil model proses bisa divisualisasikan dan diukur dengan menggunakan metrik. Tentunya ecommerce memiliki data log pengaksesan dari pengguna sehingga data tersebut bisa digunakan untuk melakukan process mining. Penelitian ini bertujuan untuk bisa mengusulkan suatu kakas pendukung process discovery pada studi kasus ecommerce yang diberi nama Talpromi. Talpromi juga memiliki beberapa improvisasi pada beberapa metode process discovery yang diterapkan pada penelitian ini. Tahapan dari penelitian adalah pengumpulan informasi, analisis kebutuhan, perancangan kakas, dan implementasi kode program. Implementasi dilakukan dengan mengacu dari analisis yang telah dibuat. Validasi dilakukan dengan mengecek apakah Talpromi sudah sesuai dengan analisis kebutuhan atau belum. Dilakukan juga validasi bisnis proses hasil pengamatan dengan hasil process discovery serta validasi pembandingan Talpromi dengan kakas pendukung process discovery yang sudah ada. Tidak lupa hasil improvisasi metode process discovery pada Talpromi divalidasikan dengan metode process discovery awal tanpa improvisasi.