digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

KMC adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan dan produksi MOCAF (Modified Cassava Flour) skala menengah di Indonesia yang dibentuk pada November 2011. KMC sebagai pionir produk bebas gluten di Bandung telah memasarkan produknya ke berbagai tempat di Indonesia, baik online maupun offline. Berdasarkan Grand View Research, ukuran pasar produk bebas gluten dari tahun 2016-2027 terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun, hal tersebut tidak sebanding dengan penjualan produk KMC dari tahun 2019 hingga 2022 yang tidak menunjukkan peningkatan yang signifikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen untuk membeli produk bebas gluten dan menyusun strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan KMC. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran kualitatif dan kuantitatif untuk menemukan masalah. Pertama, penelitian ini melakukan analisis internal dengan menggunakan pendekatan analisis STP, Marketing mix dan VRIO. Kedua, penelitian ini melakukan analisis eksternal dengan pendekatan PESTEL, Porter’s Five Forces, dan analisis pesaing. Hasil analisis internal dan eksternal dirangkum dalam analisis SWOT. Ketiga, penelitian ini melakukan analisis perilaku konsumen produk bebas gluten. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 8 faktor yang mempengaruhi konsumen untuk membeli produk bebas gluten. Kemudian, penelitian ini mengembangkan strategi pemasaran yang relevan dengan KMC berdasarkan hasil analisis SWOT yang terintegrasi dengan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen untuk membeli produk bebas gluten. Penelitian ini merekomendasikan KMC untuk meningkatkan promosi, memperbaiki kemasan merek, dan mengembangkan varian produk baru.