digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Ketersediaan suku cadang untuk produk otomotif merupakan salah satu bagian dari layanan purna jual, menjadi faktor penting yang juga harus diperhatikan untuk mendukung penerimaan pelanggan dan mempertahankan keberlanjutan penjualan produk tersebut. Karakteristik permintaan suku cadang yang berfluktuasi menjadi tantangan tersendiri bagi manufaktur otomotif dalam mempersiapkan tingkat persediaan supaya suku cadang tersebut selalu tersedia dalam jumlah dan waktu yang tepat ketika pelanggan membutuhkan. Penelitian yang akan dikembangkan di PT X ini adalah optimasi persediaan serta klasifikasi atau grouping untuk menentukan prioritas persediaan suku cadang yang cukup signifikan jumlahnya sekitar 9000 SKU. Adapun target PT X dalam manajemen persediaan suku cadang ini adalah tercapainya target fill rate dan biaya serta maksimasi profit. Beberapa penelitian sudah dilakukan untuk mengintegrasikan antara optimasi persediaan dan klasifikasi persediaan, antara lain: model Teunter, model Yang dan model Millstein, namun beberapa penelitian tersebut belum bisa menjawab permasalahan PT X untuk mencari maksimasi profit dengan batasan biaya sekaligus fill rate yang kemudian akan dijadikan sebagai pertimbangan untuk grouping klasifikasi persediaan. Penelitian ini dengan menambahkan fungsi objektif profit dan fill rate serta batasan biaya dalam perhitungan model optimasi untuk permintaan yang probabilistik Hasil penelitian ini meningkatkan performansi bisnis perusahaan yaitu meningkatnya total profit sebesar 13,3% dan fill rate dari 76% menjadi 95,1%. Selain itu, dengan klasifikasi persediaan berdasarkan hasil optimasi profit dan fill rate bisa dijadikan acuan perusahaan untuk melakukan prioritas dan peninjauan ulang terhadap manajemen persediaan SKU-SKU yang ada.