digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Munculnya generasi Generasi Y yang mendominasi tenaga kerja dan tingkat turnover karyawan yang tinggi dari generasi ini membawa kesadaran bagi bisnis dan organisasi untuk membangun strategi untuk melibatkan tenaga kerja milenial. Turnover intention adalah prediktor terbaik untuk mengamati indikasi awal turnover karyawan yang sebenarnya, oleh karena itu penting bagi organisasi untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi turnover intention karyawan Generasi Y. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran yang melibatkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Studi fenomenologi dengan sepuluh informan dilakukan untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang harapan dan perspektif karyawan generasi Y terhadap organisasi dan bagaimana pengaruhnya terhadap turnover intention. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tanggapan yang beragam dari informan mengenai peran dukungan rekan kerja, sebagian besar setuju bahwa dukungan rekan kerja penting dan cukup berpengaruh terhadap turnover intention mereka, sedangkan beberapa lainnya tidak setuju. Semua informan dengan suara bulat setuju bahwa peluang dukungan supervisor dan pengembangan karir memainkan peran penting dalam perjalanan karir mereka dan percaya bahwa perusahaan harus memfasilitasi mereka dengan bimbingan untuk memberikan dukungan supervisor, kesempatan belajar, dan rencana jalur karir untuk memastikan kemajuan karir mereka. Kurangnya factor ini dapat mempengaruhi niat mereka untuk keluar dari perusahaan. Studi cross-sectional (N=256) yang meneliti hubungan antara dukungan rekan kerja, dukungan atasan, dan pengembangan karir dengan keinginan berpindah di Indonesia. Meskipun demikian, hasil menemukan bahwa Dukungan Rekan Kerja ditemukan tidak signifikan sebagai faktor yang mempengaruhi niat berpindah. Dukungan Supervisor dan Pengembangan Karir ditemukan secara signifikan mempengaruhi niat berpindah karyawan Generasi Y. Bisnis dan organisasi perlu memiliki kebijakan dan fasilitasi yang memenuhi semua harapan ini dan memberi mereka alasan untuk tetap setia dan berkewajiban untuk komitmen yang lebih tinggi sebagai imbalan dari semua dukungan yang diberikan oleh perusahaan.