digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini membahas mengenai masalah rute kendaraan dengan karakteristik kendaraan heterogen, rute majemuk, jendela waktu tunggal, dan penjemputanpengantaran simultan atau disingkat MRK-HRMJWPPS. Pengembangan dilakukan berdasarkan penelitian Aprilliany (2020) dengan penambahan karakteristik kendaraan heterogen dan penyesuaian model matematika untuk rute majemuknya. Hingga penelitian ini dilakukan, belum ada penelitian yang menggabungkan karakteristik kendaraan heterogen, rute majemuk, dan penjemputan-pengantaran simultan dalam suatu model matematik yang utuh. Penggabungan model tersebut dibutuhkan untuk memecahkan permasalahan sistem distribusi galon air minum isi ulang oleh PT. X di Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model matematik MRK-HRMJWPPS dan mengembangkan algoritma penyelesaian masalah menggunakan metode metaheuristik. Model matematik yang dikembangkan berupa Mixed Integer Linear Programming (MILP) yang memiliki kriteria performansi meminimumkan total biaya transportasi yang terdiri atas biaya variabel dan biaya tetap kendaraan. Algoritma Variable Neighborhood Descent (VND) dikembangkan untuk mengatasi lamanya waktu komputasi yang digunakan pada metode MILP. Algoritma Sequential Insertion (SI) digunakan untuk menentukan solusi awal VND. Hasil yang diperoleh yaitu model matematik yang dikembangkan dapat memecahkan permasalahan MRKHRMJWPPS dan algoritma VND yang dikembangkan dapat menghasilkan solusi layak untuk data 5-7 pelanggan dengan besar kesenjangan antara solusi MILP dan VND yaitu 23,78% dan waktu komputasi kurang dari 3 detik. Algoritma dapat digunakan untuk menyelesaikan persoalan 20, 50, dan 100 pelanggan. Model dan algoritma yang dikembangkan juga dapat digunakan pada MRK-RMJWPPS untuk kendaraan homogen terbatas, MRK-HRMPPS untuk model tanpa jendela waktu, dan MRK-HRMJWPPS untuk mixed pick-up and delivery.