digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Rasio keberhasilan dalam pengeboran sumur merupakan Key Performance Indicator (KPI) yang penting di beberapa perusahaan seperti PT Pertamina, dalam hubungannya untuk meningkatkan pendapatan perusahaan dan menjadi faktor kunci untuk mengembangkan sumur lain dalam pencarian lebih banyak minyak/gas. Jika gagal, maka banyak anggaran yang akan hilang karena pengeluaran/investasi anggaran yang sangat besar untuk pekerjaan tersebut. Berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya, beberapa perusahaan (anak perusahaan Pertamina) mengusulkan sumur bor Eksplorasi dengan hasil gagal. Dalam tesis ini, kami akan menganalisis akar penyebab dari beberapa kegagalan terakhir dan missing link dari proses Decision Making, dan pelajaran yang didapat dari kegagalan tersebut, menganalisis usulan pemboran sumur secara lebih mendalam menggunakan alat yang tepat, membuat pendekatan dan metode pengambilan keputusan, dan memutuskan langkah selanjutnya (bor atau tidak bor). Semoga thesis ini dapat bermanfaat bagi setiap orang pada umumnya dan bagi PT Pertamina khususnya.