digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa kejadian kapal terbakar di Pulau Seribu karena kapal yang tidak laik jalan dan masih beroperasi di pulau seribu. PT. Sadewa Gemilang Industri ingin memperluas jaringan bisnisnya di seluruh Indonesia dan ini merupakan peluang penting bagi sadewa untuk berekspansi di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat peluang pengembangan usaha di Pulau Seribu dengan produk baru dari Sadewa. Pada dasarnya penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah jumlah penumpang harian, pemilik usaha angkutan laut yang masih beroperasi, jumlah Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Koperasi Kalbu”. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan stakeholders terkait yaitu Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi. Selanjutnya menganalisis data menggunakan Ansoff Strategy Matrix untuk menentukan strategi yang digunakan Sadewa. Dan strategi itu adalah diversifikasi dimana Sadewa akan dihadapkan pada pasar baru dan produk baru. Setelah menentukan strategi yang digunakan penilitan ini Kemudian melakukan analisis eksternal dan internal. Dalam melakukan analisis Eksternal penelitian ini menggunakan metode PESTEL (Politics, Economics, Social, Technology, Environment dan Legal) dan Metode Porter 5 forces dimana metode tersebut untuk mengidentifkasi Isu yang terjadi. Dalam menentukan internal analysis penelitian ini mengidentifikasi isu yang ada di internal perusahaan. Dalam menentukan solusi dan strategi penelitian ini menggunakan metode SWOT analysis dan TOWS Matris dan didapatkan solusi dan strategi yang harus dilakukan untuk membuka cabang baru yaitu pemasaran, sadewa perlu melakukan promosi besar-besaran, dilakukan dengan menyampaikan informasi dari satu orang ke orang lain. Ancaman terbesar jika Sadewa membuka cabang di DKI Jakarta dan Pulau Seribu adalah isu politik. Melalui pembuktian ini, PT. Sadewa harus melakukan kegiatan pengembangan produk untuk mencapai maksud dan tujuan perusahaan, dan perusahaan diharapkan dapat menerapkan strategi pengembangan produk secara cermat dan tepat.Kapal Penumpang, Strategi Pengembangan Bisnis, Produk Baru, Pasar Baru, Ansoff Matrix, Pastel, Porter, SWOT dan Canva