digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pendidikan merupakan salah satu instrumen bagi masyarakat untuk mendapatkan kehidupan yang lebih sejahtera. Survei Ekonomi Indonesia 2021 menyatakan pendidikan anak usia dini dapat mengurangi dampak latar belakang sosial ekonomi terhadap hasil pendidikan. Adanya kesenjangan ini menuntut partisipasi perguruan tinggi untuk dapat berkontribusi bersama dengan pihak eksternal untuk dapat mewujudkan pemerataan pendidikan di Indonesia. Efek pasca pandemi berdampak besar dalam pendidikan, dari pendidikan konvensional menjadi pendidikan berbasis teknologi informasi online. UNPAR ingin mengeksplorasi hubungan antara pengalaman penerima beasiswa sebagai alat untuk meningkatkan capaian mahasiswa berdasarkan bagaimana UNPAR memberikan program pengembangan untuk mendorong mahasiswa tetap matang selama periode pergeseran pandemi (daring ke luring). Penelitian ini mengambil 95 penerima beasiswa sebagai responden dan menggunakan kuesioner sebagai parameter untuk menjawab. Hasilnya menunjukkan ada hubungan positif antara pengalaman yang dialami dalam program pengembangan mahasiswa dengan capaian mahasiswa. Solusi yang ditemukan adalah: program pendampingan mahasiswa yang terintegrasi & konseling sebaya