digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pendidikan merupakan hak asasi manusia yang mendasar yang harus dapat diperoleh setiap individu, kerjasama antara sektor publik dan sektor swasta diperlukan untuk memenuhi kebutuhan ini. SMA Almuttaqin merupakan sekolah swasta terbesar di Tasikmalaya, Sekolah ini sedang mengembangkan sistem dua sekolah di bawah satu manajemen untuk meningkatkan pangsa pasar sekolah dan meningkatkan kualitas raw input siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas kepemimpinan strategis dari perspektif sekolah dan untuk mengidentifikasi dimensi kepemimpinan tersebut yang dapat ditingkatkan. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi interpretative. Diketahui bahwa kepala sekolah perlu mengembangkan tiga hal yaitu meningkatkan motivasi guru, menciptakan segmentasi, dan menciptakan strategi pemasaran sekolah. Solusi untuk meningkatkan motivasi dan kepuasan kerja guru yaitu melakukan promosi, bekerja lingkungan, kepemimpinan, dan melihat beban kerja. Untuk meningkatkan pemasaran sekolah menggunakan inbound marketing dan untuk menciptakan segmentasi spesifik menggunakan faktor geografis, demografis, perilaku, psikografis, rasional, dan emosional untuk menciptakan pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan dan harapan calon siswa