Pendidikan merupakan hak asasi manusia yang mendasar yang harus dapat
diperoleh setiap individu, kerjasama antara sektor publik dan sektor swasta
diperlukan untuk memenuhi kebutuhan ini. SMA Almuttaqin merupakan sekolah
swasta terbesar di Tasikmalaya, Sekolah ini sedang mengembangkan sistem dua
sekolah di bawah satu manajemen untuk meningkatkan pangsa pasar sekolah dan
meningkatkan kualitas raw input siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
membahas kepemimpinan strategis dari perspektif sekolah dan untuk
mengidentifikasi dimensi kepemimpinan tersebut yang dapat ditingkatkan. Metode
penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi interpretative.
Diketahui bahwa kepala sekolah perlu mengembangkan tiga hal yaitu
meningkatkan motivasi guru, menciptakan segmentasi, dan menciptakan strategi
pemasaran sekolah. Solusi untuk meningkatkan motivasi dan kepuasan kerja guru
yaitu melakukan promosi, bekerja lingkungan, kepemimpinan, dan melihat beban
kerja. Untuk meningkatkan pemasaran sekolah menggunakan inbound marketing
dan untuk menciptakan segmentasi spesifik menggunakan faktor geografis,
demografis, perilaku, psikografis, rasional, dan emosional untuk menciptakan
pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan dan harapan calon siswa