digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

SAMA SAGA merupakan salah satu perusahaan baru yang bergerak di bidang strategi dan bisnis konsultan. Dengan kondisi perusahaan yang relatif baru yang mana berdiri pada tahun 2017, corong pencarian pelanggan yang dipakai masih berfokus kepada rujukan. Rujukan merupakan metode yang cukup menjanjikan didalam suatu perusahaan, tetapi dari dampak pandemic COVID-19 dimana terdapat pelanggan yang berhenti kerjasama akibat dampak dari pandemic ini menyebabkan penurunan pelanggan dan SAMA SAGA masih belum memiliki strategi cadangan untuk penggantinya. Sehingga dirasa strategi yang berfokus pada rujukan saja ini menjadi kurang berkelanjutan untuk jangka waktu yang panjang. Penelitian ini bertujuan untuk membantu SAMA SAGA dalam mengembangkan strategi baru yang mampu digunakan untuk meningkatkan kesadaran terhadap perusahaan secara online agar mampu mendukung program rujukan yang sudah dimiliki. Dengan meningkatnya keberadaan secara online akan mampu meningkatkan jangkuan terhadap pelanggan dan mampu membentuk corong baru untuk mendapatkan prospek klien yang baru. Dalam mengembangkan strategi baru untuk perusahaan, peneliti terlebih dahulu melakukan analisis internal dan eksternal dari SAMA SAGA. Dimana analisis internal meliputi: Analisis STP, Marketing Mix 7P, dan Analisis VRIO untuk mendapatkan kekuatan dan kelemehan dari perusahaan. Kemudian, dilakukan analisis external yang meliputi: Analysis PESTEL, Porter’s 5 Forces Framework, Analisis kompetitor, dan Analisis pelanggan yang ditujukan untuk melihat peluang dan ancaman yang ada dari pihak external. Setelah kedua analisis diatas untuk mengetahui kondisi sekarang yang sedang dihadapi perusahaan dilakukan. Kondisi-kondisi tersebut kemudian dirangkum kedalam strategi analisis SWOT untuk memudahkan proses analisis penelitian. Komponen-komponen dari analisis SWOT ini kemudian digunakan pada matriks TOWS. Berdasarkan hasil matriks TOWS, didapatkan beberapa usulan strategi-strategi baru yang dapat SAMA SAGA lakukan untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Usulan strategi baru yang diberikan kepada SAMA SAGA berupa peningkatan strategi pemasaran digital perusahan yang meliputi pengembangan website, optimisasi Instagram, optimisasi LinkedIn, dan peningkatan kinerja optimisasi mesin pencari (SEO). Dengan ini diharapkan SAMA SAGA mampu meningkatkan kehadiran online sehingga terbentuk corong baru untuk menghasilan pelanggan baru, tanpa harus hanya bergantung pada rujukan.