ABSTRAK Salamah
PUBLIC Yoninur Almira BAB 1 Salamah
PUBLIC Yoninur Almira BAB 2 Salamah
PUBLIC Yoninur Almira BAB 3 Salamah
PUBLIC Yoninur Almira BAB 4 Salamah
PUBLIC Yoninur Almira BAB 5 Salamah
PUBLIC Yoninur Almira BAB 6 Salamah
PUBLIC Yoninur Almira PUSTAKA Salamah
PUBLIC Yoninur Almira LAMPIRAN Salamah
PUBLIC Yoninur Almira
Tujuan transportasi publik terintegrasi adalah untuk mencapai pembagian moda
transit yang tinggi dengan layanan yang mulus menggunakan dua moda atau lebih
(Luk & Olszewski, 2003). Konsep integrasi pada dasarnya berupa gagasan yang
paling ideal, yang dapat bertransformasi melalui proses interpretasi dari pedoman
pemerintah dan penyelarasan dengan kepentingan perwakilan yang bekerja dalam
arena, struktur dan rezim lokal (Hull, 2005). PT JakLingko berdiri di Desember
2020, dengan tujuan untuk mengintegrasikan sistem pembayaran, tarif, dan rute
pada semua transportasi publik serta mengelola big data pengguna transportasi
publik Jabodetabek. Dalam mencapai tujuannya, pelaksanaan dan keberjalanan
sistem integrasi transportasi publik yang dilakukan oleh Jaklingko perlu ditelaah
lebih jauh, agar pelaksanaannya dapat dilakukan dengan lebih baik lagi dan tujuan
integrasi dapat dicapai dengan lebih efisien. Penelitian ini melihat pelaksanaan
sistem integrasi transportasi publik dan menilai integrasi yang dilaksanakan di
Jabodetabek, yang dikelola oleh Jaklingko. Pelaksanaan Sistem Jaklingko yang
sudah berjalan dijelaskan secara kronologis, digambarkan dengan menggunakan
model best practice untuk manajemen perubahan, dan dinilai dengan kriteria
integrasi transportasi publik yang diturunkan dari penelitian-penelitian sebelumnya.
Jaklingko Indonesia saat ini berada dalam fase kedua pengembangan, yaitu sedang
menjalankan MaaS (Mobility as a Service), dimana kartu dan aplikasi pembayaran
Jaklingko diintegrasikan dengan layanan transportasi lainnya seperti transportasi
daring, layanan kesehatan, pembayaran air dan listrik, tempat wisata, dan
sebagainya. Ke depannya layanan Jaklingko akan dikembangkan dengan sistem
account-based ticketing, yang memungkinkan pengguna untuk mendapat tiket
harian, mingguan, dan bulanan serta mendapatkan tarif khusus sesuai profil
pengguna misalnya tarif khusus pelajar atau lansia. Integrasi yang dilaksanakan
oleh Jaklingko baru mencapai tahap integrasi fisik dan operasional, serta integrasi
moda. Sistem account-based ticketing, yang direncanakan untuk tahap selanjutnya,
tergolong sebagai integrasi dengan tujuan sosial, yang merupakan tahap lebih tinggi
dari integrasi fisik dan moda yang sudah berjalan saat ini.