digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Salamah
PUBLIC Yoninur Almira

BAB 1 Salamah
PUBLIC Yoninur Almira

BAB 2 Salamah
PUBLIC Yoninur Almira

BAB 3 Salamah
PUBLIC Yoninur Almira

BAB 4 Salamah
PUBLIC Yoninur Almira

BAB 5 Salamah
PUBLIC Yoninur Almira

BAB 6 Salamah
PUBLIC Yoninur Almira

PUSTAKA Salamah
PUBLIC Yoninur Almira

LAMPIRAN Salamah
PUBLIC Yoninur Almira

Tujuan transportasi publik terintegrasi adalah untuk mencapai pembagian moda transit yang tinggi dengan layanan yang mulus menggunakan dua moda atau lebih (Luk & Olszewski, 2003). Konsep integrasi pada dasarnya berupa gagasan yang paling ideal, yang dapat bertransformasi melalui proses interpretasi dari pedoman pemerintah dan penyelarasan dengan kepentingan perwakilan yang bekerja dalam arena, struktur dan rezim lokal (Hull, 2005). PT JakLingko berdiri di Desember 2020, dengan tujuan untuk mengintegrasikan sistem pembayaran, tarif, dan rute pada semua transportasi publik serta mengelola big data pengguna transportasi publik Jabodetabek. Dalam mencapai tujuannya, pelaksanaan dan keberjalanan sistem integrasi transportasi publik yang dilakukan oleh Jaklingko perlu ditelaah lebih jauh, agar pelaksanaannya dapat dilakukan dengan lebih baik lagi dan tujuan integrasi dapat dicapai dengan lebih efisien. Penelitian ini melihat pelaksanaan sistem integrasi transportasi publik dan menilai integrasi yang dilaksanakan di Jabodetabek, yang dikelola oleh Jaklingko. Pelaksanaan Sistem Jaklingko yang sudah berjalan dijelaskan secara kronologis, digambarkan dengan menggunakan model best practice untuk manajemen perubahan, dan dinilai dengan kriteria integrasi transportasi publik yang diturunkan dari penelitian-penelitian sebelumnya. Jaklingko Indonesia saat ini berada dalam fase kedua pengembangan, yaitu sedang menjalankan MaaS (Mobility as a Service), dimana kartu dan aplikasi pembayaran Jaklingko diintegrasikan dengan layanan transportasi lainnya seperti transportasi daring, layanan kesehatan, pembayaran air dan listrik, tempat wisata, dan sebagainya. Ke depannya layanan Jaklingko akan dikembangkan dengan sistem account-based ticketing, yang memungkinkan pengguna untuk mendapat tiket harian, mingguan, dan bulanan serta mendapatkan tarif khusus sesuai profil pengguna misalnya tarif khusus pelajar atau lansia. Integrasi yang dilaksanakan oleh Jaklingko baru mencapai tahap integrasi fisik dan operasional, serta integrasi moda. Sistem account-based ticketing, yang direncanakan untuk tahap selanjutnya, tergolong sebagai integrasi dengan tujuan sosial, yang merupakan tahap lebih tinggi dari integrasi fisik dan moda yang sudah berjalan saat ini.