digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

“Kesenjangan Perilaku Pembelian Berkelanjutan” sering ditemukan dalam industri yang berkelanjutan saat ini; dimana sikap berkelanjutan tinggi tetapi tidak diikuti dengan tindakan pembelian berkelanjutan. Penelitian ini akan membantu Satu Bumi sebagai usaha rintisan yang bergerak di industri berkelanjutan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan perilaku pembelian berkelanjutan pada layanan pengelolaan sampah di kalangan konsumen Indonesia dan menyusun rekomendasi yang paling sesuai untuk Satu Bumi sebagai bisnis pengelolaan sampah menuju faktor determinan aktual pada perilaku pembelian Pengelolaan Limbah Konsumen. Menggunakan regresi linier berganda, penelitian ini melibatkan 200 orang Indonesia yang telah menggunakan pengelolaan sampah, saat ini menggunakan layanan pengelolaan sampah, dan di masa mendatang memiliki keinginan untuk menggunakan layanan pengelolaan sampah sebagai sampel. Dari penelitian mendalam ditemukan bahwa 5 faktor determinan yang mempengaruhi pembelian berkelanjutan adalah: dukungan untuk organisasi lingkungan, diikuti dengan sikap terhadap pembelian keberlanjutan, kepedulian lingkungan, pengetahuan yang dirasakan tentang isu keberlanjutan, dan norma subyektif. Namun diluar itu, Pengaruh pasar yang dirasakan merupakan satu variabel yang ditolak. Temuan studi ini juga disertai dengan rekomendasi, sebagai strategi untuk menghindari implikasi “Kesenjangan Perilaku Pembelian Berkelanjutan” yang berkembang pesat serta rekomendasi ini diproyeksikan membantu Satu Bumi sebagai layanan pengelolaan sampah mampu merebut pasar Indonesia dan menjadi bisnis yang menguntungkan.