ABSTRAK Siti Farahdina
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB I.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB II.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB III.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB IV.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB V.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Siti Farahdina
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
LAMPIRAN.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Kelayakan pengoperasian kereta perlu dijamin, sehingga diperlukan penyelidikan dan
optimisasi terhadap karakteristik dinamiknya. Salah satu metode penyelidikan yang dapat
digunakan adalah dengan melakukan pengujian badan kereta menggunakan roller rig. Roller
rig yang digunakan untuk pengujian karakteristik dinamik kereta memerlukan strategi
kendali agar tidak timbul selisih kecepatan putar masing-masing roller yang terlalu besar.
Bertolak dari persoalan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membuat
perangkat uji dan strategi kendali pada motor penggerak roller rig, yaitu motor BLDC.
Pembuatan perangkat uji terdiri dari beberapa tahap, antara lain: tahap perancangan,
pembuatan dan perakitan, serta pengujian. Proses perancangan menghasilkan spesifikasi
sistem kendali yang dapat dikelompokkan menjadi sistem mekanik dan sistem elektrik.
Sistem mekanik terdiri dari penyangga motor, mekanisme rem, dan penyangga sensor. Selain
perangkat uji, strategi kendali baru juga dikembangkan dengan cara menggabungkan strategi
kendali PI dan sebuah fungsi prediktor. Strategi kendali baru diuji dan dibandingkan
karakteristik dinamiknya dengan strategi kendali PI dan feedforward.
Strategi kendali baru mampu melakukan setpoint tracking dan memiliki respon dinamik
yang cepat. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan mereduksi rise time hingga 69% dari
strategi kendali PI tanpa menghasilkan overshoot. Selain itu, strategi kendali baru juga
memiliki kemampuan menghalau gangguan tanpa menghasilkan kesalahan tunak layaknya
strategi kendali PI dan feedforward.