ABSTRAK Nashir Asyam Saleh
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Insinyur di seluruh dunia telah berlomba untuk merancang struktur
penyerap energi kendaraan yang paling efisien karena sangat penting untuk
memastikan keselamatan penumpang selama benturan. Tesis ini terutama berfokus
pada optimasi desain Multi cell – Multi corner crash box untuk aplikasi umum. Pada
tesis khusus ini, geometri, bentuk, konfigurasi sel dan material yang berbeda akan
dimodelkan dan dianalisis berdasarkan metode Taguchi’s Design for Six – Sigma.
Dimensi desain dibatasi oleh ukuran lembaran aluminium yang seragam dengan
lebar x panjang 80 X 120 mm. Parameter bertindak sebagai faktor yang dapat
dikontrol yaitu ketebalan, bentuk, konfigurasi multi-sel, material (Al-606X T-Y)
dan lokasi pemicu. Setiap parameter diberikan empat level dan setiap run diberikan
3 ulangan dengan kesalahan ketebalan 5% pada model untuk meniru kesalahan
manufaktur ke simulasi. Desain akhir yang diperoleh dari optimasi metode
Taguchi’s Design for Six-Sigma akan dievaluasi dan dimodelkan untuk pengujian
akhir untuk memastikan bahwa produk tersebut memang sangat efisien dalam
menyerap energi dibandingkan dengan data yang ada. Faktor-faktor kendali
dianalisis dengan metode Analysis of Variance (ANOVA) untuk mengetahui
kontribusi masing-masing faktor dalam optimasi nilai specific energy absorbance.
Pemodelan dilakukan dengan software analisis elemen hingga bernama LS-Dyna,
dengan mensimulasikan uji impak untuk setiap desain crash box yang dibatasi oleh
luas permukaan yang sama dan semua perhitungan dan formulasi data dilakukan di
Excel. Penelitian ini menghasilkan dua desain optimum berdasarkan grafik respon
yang diplot dari metode Taguchi dan kedua desain tersebut berhasil melampaui gain
yang diprediksi. Akhirnya, desain terbaik yang dicapai telah berhasil menyerap
lebih dari 110 kJ yang menghasilkan gain hampir 10 dB dari prediksi. Dengan
menggunakan ANOVA, ditentukan bahwa pemilihan material memberikan
kontribusi paling besar dalam mengoptimalkan nilai penyerapan energi spesifik dari
crash box. Secara keseluruhan, crash box persegi 4x4 dengan ketebalan 2,0 mm
yang terbuat dari lembaran Al-6066 T4 dengan pemicu terletak di H, dipilih sebagai
desain yang paling optimal.