digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Nashir Asyam Saleh
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

Insinyur di seluruh dunia telah berlomba untuk merancang struktur penyerap energi kendaraan yang paling efisien karena sangat penting untuk memastikan keselamatan penumpang selama benturan. Tesis ini terutama berfokus pada optimasi desain Multi cell – Multi corner crash box untuk aplikasi umum. Pada tesis khusus ini, geometri, bentuk, konfigurasi sel dan material yang berbeda akan dimodelkan dan dianalisis berdasarkan metode Taguchi’s Design for Six – Sigma. Dimensi desain dibatasi oleh ukuran lembaran aluminium yang seragam dengan lebar x panjang 80 X 120 mm. Parameter bertindak sebagai faktor yang dapat dikontrol yaitu ketebalan, bentuk, konfigurasi multi-sel, material (Al-606X T-Y) dan lokasi pemicu. Setiap parameter diberikan empat level dan setiap run diberikan 3 ulangan dengan kesalahan ketebalan 5% pada model untuk meniru kesalahan manufaktur ke simulasi. Desain akhir yang diperoleh dari optimasi metode Taguchi’s Design for Six-Sigma akan dievaluasi dan dimodelkan untuk pengujian akhir untuk memastikan bahwa produk tersebut memang sangat efisien dalam menyerap energi dibandingkan dengan data yang ada. Faktor-faktor kendali dianalisis dengan metode Analysis of Variance (ANOVA) untuk mengetahui kontribusi masing-masing faktor dalam optimasi nilai specific energy absorbance. Pemodelan dilakukan dengan software analisis elemen hingga bernama LS-Dyna, dengan mensimulasikan uji impak untuk setiap desain crash box yang dibatasi oleh luas permukaan yang sama dan semua perhitungan dan formulasi data dilakukan di Excel. Penelitian ini menghasilkan dua desain optimum berdasarkan grafik respon yang diplot dari metode Taguchi dan kedua desain tersebut berhasil melampaui gain yang diprediksi. Akhirnya, desain terbaik yang dicapai telah berhasil menyerap lebih dari 110 kJ yang menghasilkan gain hampir 10 dB dari prediksi. Dengan menggunakan ANOVA, ditentukan bahwa pemilihan material memberikan kontribusi paling besar dalam mengoptimalkan nilai penyerapan energi spesifik dari crash box. Secara keseluruhan, crash box persegi 4x4 dengan ketebalan 2,0 mm yang terbuat dari lembaran Al-6066 T4 dengan pemicu terletak di H, dipilih sebagai desain yang paling optimal.