digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pada tahun 2022, ITB mulai mengadakan pembelajaran bauran, mahasiswa yang belajar secara luring diminta membawa smartphone untuk meningkatkan interaktivitas perkuliahan dan meningkatkan pemahaman materi. Namun, permasalahan yang dihadapi adalah belum tersedia media untuk meningkatkan interaktivitas pada kegiatan belajar mengajar di ITB. Oleh karena itu, tugas akhir ini merancang interaksi aplikasi Edunex untuk mahasiswa pada platform mobile native berupa high-fidelity prototype yang siap diimplementasi oleh pengembang. Berdasarkan wawancara dengan Direktorat Pengembangan Pendidikan ITB, fitur yang perlu dirancang adalah fitur Classroom Response System yang digunakan untuk voting, ujian atau kuis, akses course, presensi, pesan, dan notifikasi. Proses perancangan dilakukan dengan pendekatan user-centered design. Pada awal proses, dilakukan wawancara terhadap pengguna untuk mengetahui kebutuhan mereka. Kemudian, didefinisikan daftar kebutuhan serta user experience dan usability goals yang menjadi fokus pengerjaan tugas akhir, yaitu effective to use, easy to learn, helpful, dan satisfying. Selanjutnya, dibuat rancangan medium-fidelity prototype dan dievaluasi dengan moderated usability testing ke 5 orang pengguna. Hasil evaluasi diperbaiki dan dibuat rancangan high- fidelity prototype. Rancangan high-fidelity prototype dievaluasi dengan cara unmoderated usability testing kepada 20 orang pengguna. Hasil rancangan akhir berhasil mencapai 95,6% completion rate, 5,906 rata-rata nilai SEQ, 5,55 rata-rata nilai IMI subskala value/usefulness, dan 74,25 rata-rata nilai SUS.