digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Danni Satria Putera
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

Sebagai pelaku bisnis, seorang individu atau suatu perusahaan akan berusaha dalam meningkatkan keuntungan bagi bisnis mereka. Berbagai macam cara atau strategi akan dilakukan oleh mereka dalam usaha peningkatan keuntungan. Salah satu cara agar usaha peningkatan keuntungan dapat berhasil adalah dengan melakukan kegiatan promosi. Dengan kegiatan promosi, mereka akan mengeluarkan sejumlah biaya untuk mendapatkan return yang setimpal atau lebih dari biaya yang dikeluarkan. Kegiatan mengeluarkan biaya tersebut dapat dianggap sebagai bentuk investasi yang memiliki return dengan tingkat risiko masing – masing. Tentunya setiap instansi-instansi ingin memperoleh return yang terbesar dengan menerima risiko sekecil mungkin. Dalam mengoptimasikan permasalahan ini, model Markowitz menjadi model yang dapat dipakai untuk masalah optimisasi ini. Model Markowitz tidak hanya dapat mengoptimasikan return yang terbesar dengan risiko yang diinginkan saja, tetapi juga dapat mengoptimasikan risiko yang terkecil dengan return yang diinginkan. Model Markowitz juga akan diaplikasikan tidak hanya pada bidang investasi saja, tetapi pula dalam bidang penjualan yang tentunya model Markowitz yang dipakai sudah dimodifikasi. Dalam jurnal ini, akan diperlihatkan aplikasi model Markowitz pada bidang investasi saham dan juga pada kegiatan promosi