ABSTRAK Brian Prasetyo Adhi
PUBLIC Irwan Sofiyan
COVER - Brian Prasetyo Adhi.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB I - Brian Prasetyo Adhi.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB II - Brian Prasetyo Adhi.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB III - Brian Prasetyo Adhi.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB IV - Brian Prasetyo Adhi.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB V - Brian Prasetyo Adhi.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Brian Prasetyo Adhi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
LAMPIRAN - Brian Prasetyo Adhi.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Bandung merupakan kota wisata dengan panorama pegunungan di sekitarnya yang
menarik wisatawan baik dari dalam maupun luar kota, bahkan dari luar negeri. Namun, kota
Bandung terkenal dengan lalu lintas dan polusi udaranya. Di sinilah kereta gantung berperan.
Kereta gantung adalah bentuk transportasi yang tidak menggunakan jalan raya. Ini adalah
keuntungan besar, karena dapat membantu memecahkan banyak masalah yang disebabkan
oleh kemacetan lalu lintas, polusi, dan kecelakaan. Dalam tugas akhir ini, perhitungan
kebutuhan daya untuk sistem kereta gantung melalui fisika dan mekanika fluida dilakukan
dengan mempertimbangkan gaya hambat aerodinamis, energi potensial dan gesekan guling.
Selain itu, memanfaatkan Matlab untuk mengkodekan tegangan maksimum untuk pemilihan
jenis dan ukuran kabel melalui bantuan analisis numerik. Desain D mengacu pada desain kait
dari Hanover, Jerman, memiliki faktor keamanan tertinggi karena desain kurva menyebabkan
tegangan didistribusikan lebih merata di seluruh permukaannya dibandingkan dengan desain
lain dengan sudut tajam sehingga lebih rentan terhadap kerusakan. Penampang melintang
yang optimal untuk pengait adalah berbentuk bowtie karena kegagalan yang menyebabkan
tegangan pada pengait adalah tegangan lengkung, dan bentuk dasi kupu-kupu cenderung
sesuai dengan profil tegangan yang disebabkan oleh tegangan lengkung. Kecepatan ideal
untuk sistem kereta gantung adalah empat m/s dengan kapasitas penumpang 10 orang per
kabin dan total kebutuhan daya 70,80 kW untuk sistem kereta gantung Bandung Utara. Tali
kawat baja 6x19 galvanis dengan IWRC dipilih untuk jenis kabel karena sifatnya yang tahan
karat dan keseimbangan antara kekuatan dan fleksibilitas.