
ABSTRAK Agra Bagaskara Raidinawan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Dalam beberapa tahun terakhir, e-commerce telah mengalami perkembangan yang pesat,
dimulai dari bertambahnya jumlah pelaku bisnis hingga pasar yang semakin kompetitif.
Untuk mengatasi pasar yang kompetitif, penyedia aplikasi e-commerce berusaha untuk
meningkatkan layanan melalui fitur-fitur dalam aplikasi agar dapat meningkatkan jumlah
pengguna sebagai salah satu sumber pendapatan dan juga meningkatkan daya tarik kepada
calon pelanggan, salah satunya melalui metode gamifikasi. Gamifikasi adalah penggunaan
elemen-elemen desain game yang digunakan dalam konteks non-game (Deterding, et al.,
2011). Berbagai layanan m-commerce di Indonesia telah menerapkan fitur gamifikasi di
aplikasinya. Peneilitian terdahulu juga menunjukkan bahwa penerapan gamifikasi dapat
mempengaruhi perilaku konsumen yang dapat menjadi keuntungan bagi perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor-faktor yang dapat memengaruhi game
usage satisfaction dari sudut pandang konsumen pada penerapan gamifikasi di aplikasi mcommerce
serta menentukan pengaruh game usage satisfaction terhadap purchase
intention, customer loyalty, dan e-WOM pada pengguna fitur gamifikasi aplikasi mcommerce.
Adapun penelitian ini dibatasi pada penggunaan fitur gamifikasi di aplikasi
mobile atau m-commerce. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan didapat 235 data.
Pengolahan data dilakukan dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan
bantuan aplikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam faktor yang mempengaruhi game
usage satisfaction yaitu utilitarian value, hedonic value, social value, effort expectancy,
novlety, dan immersion. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa game usage satisfaction
bepengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap customer engagement,
customer loyalty, dan electronic word of mouth (e-WOM) dan secara tidak langsung
terhadap purchase intention. Customer engagement yang dipengaruhi game usage
satisfaction juga berpengaruh pada customer loyalty, e-WOM serta Purchase intention.
Melalui penelitian ini juga diberikan rekomendasi agar penyedia layanan aplikasi mcommerce
memperhatikan faktor-faktor tersebut dalam pengembangan fitur gamifikasinya.