COVER Tendy Muslihin
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 1 Tendy Muslihin
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 2 Tendy Muslihin
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 3 Tendy Muslihin
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 4 Tendy Muslihin
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza PUSTAKA Tendy Muslihin
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza
Berkela adalah perusahaan pre-startup yang fokus di energi konservasi dan efisiensi. Berkela akan
menjadi sebuah perusahaan agregator bagi perusahaan yang menyediakan produk dan jasa dan juga
perangkat analisis energi secara daring. Sebagai aggregator, Berkela akan menjadi marketplace bagi
perusahaan yang membutuhkan produk dan jasa berkaitan dengan energi konservatif dan efisiensi.
Sebagai perangkat analisis energi secara daring, Berkela akan menyediakan fitur bagi pengguna untuk
melakukan penilaian dan penerapan secara mandiri saat menganalisa konsumsi energi.
Saat ini Berkela sudah melewati fase ideasi dan membuat konsep. Tim sudah membuat analisis market,
konsep bisnis, konsep produk dan jasa, dan model keuangan. Berkela sudah menganalisis bahwa target
pelanggan dapat dari sektor pembangkit listrik, industri, bangunan dan gedung, perumahan, dan
UMKM. Setiap pelanggan memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda, jadi pada tugas akhir
ini akan membantu untuk merumuskan strategi pada Berkela untuk penetrasi pasar perusahaan
manufaktur.
Analisis yang digunakan di dalam tugas akhir ini adalah internal, eksternal dan analisis kombinasi.
Analisis eksternal digunakan analisis PESTEL dan Porter’s Five sedangkan analisis internal
menggunakan Resource Based Value dan VRIO analisis. Hasil dari analisis internal dan eksternal akan
dianalisis menggunakan SWOT analisis dan TOWS matriks untuk merumuskan strategi bagi Berkela
untuk penetrasi pasar perusahaan manufaktur. Digunakan juga analisis lean startup untuk menganalisis
kebutuhan fitur pada platform Berkela untuk pengembangan selanjutnya. Terakhir digunakan Diamond
Model dalam penyusunan strategi rencana implementasi kepada Berkela untuk penetrasi ke pasar
perusahaan manufaktur.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peluang yang cukup baik bagi Berkela untuk penetrasi ke
pasar perusahaan manufaktur. Ditemukan beberapa hal yang berpotensi menjadi rintangan bagi Berkela
untuk penetrasi ke pasar perusahaan manufaktur. Beberapa strategi yang terbentuk dari hasil penelitian
dapat digunakan oleh Berkela dalam penetrasi ke pasar perusahaan manufaktur.