digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Fauzan Fadel Muhammad
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Fauzan Fadel Muhammad
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Fauzan Fadel Muhammad
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Fauzan Fadel Muhammad
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Fauzan Fadel Muhammad
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Fauzan Fadel Muhammad
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Fenomena menarik terjadi dalam perubahan strategi kampanye yang sangat efektif dan efisien yang dilakukan oleh anggota parlemen muda milenial yang memenangkan pemilu legislatif DKI Jakarta 2019 dengan menguasai kursi parlemen DPRD DKI Jakarta sebesar 30%, yang berarti menguasai lebih dari seperempat dari seluruh kursi parlemen. Peran anak muda sangat penting dan perlu diperhatikan di DPRD DKI Jakarta. Generasi muda milenial merupakan kelompok masyarakat mayoritas warga DKI Jakarta aktif dalam menggunakan media sosial. Generasi muda milenial DKI Jakarta menjadi sasaran Pasar Potensial (Pemilih) oleh calon legislatif muda sebagai Segmentasi, Penargetan, dan Positioning Marketing dalam menyampaikan konsep program kerjanya untuk memenangkan pemilu dan memenangkan hati masyarakat akar rumput dalam Pemilihan Legislatif DKI Jakarta 2019 dan mampu mengalahkan politisi senior petahana yang berpengalaman di bidang politik. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif, yang melakukan penelitian primer, dengan menyebarkan kuesioner menggunakan teknik random sampling. Selanjutnya, penelitian ini juga melakukan wawancara langsung dengan legislator muda pemenang Pemilu Legislatif 2019-2024. Penelitian kuantitatif berupa analisis eksternal dan penelitian internal dengan melakukan pendekatan melalui analisis Benchmarking dan Analisis PESTEL. Serta analisis internal dengan pendekatan C12 New Wave Marketing dan Analisis VRIO. Dari hasil kajian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan Strategic New Wave Marketing dengan mengimplementasikan dan merumuskan implementasi 12C yang mengutamakan New Wave Value dapat membentuk ciri khas personal brand seorang politisi yang dapat membentuk ikatan dengan komunitas akar rumput. di daerah pilihan mereka.