COVER Fauzan Fadel Muhammad
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 1 Fauzan Fadel Muhammad
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 2 Fauzan Fadel Muhammad
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 3 Fauzan Fadel Muhammad
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza BAB 4 Fauzan Fadel Muhammad
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza PUSTAKA Fauzan Fadel Muhammad
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza
Fenomena menarik terjadi dalam perubahan strategi kampanye yang sangat efektif
dan efisien yang dilakukan oleh anggota parlemen muda milenial yang memenangkan
pemilu legislatif DKI Jakarta 2019 dengan menguasai kursi parlemen DPRD DKI Jakarta
sebesar 30%, yang berarti menguasai lebih dari seperempat dari seluruh kursi parlemen.
Peran anak muda sangat penting dan perlu diperhatikan di DPRD DKI Jakarta. Generasi
muda milenial merupakan kelompok masyarakat mayoritas warga DKI Jakarta aktif dalam
menggunakan media sosial.
Generasi muda milenial DKI Jakarta menjadi sasaran Pasar Potensial (Pemilih) oleh
calon legislatif muda sebagai Segmentasi, Penargetan, dan Positioning Marketing dalam
menyampaikan konsep program kerjanya untuk memenangkan pemilu dan memenangkan
hati masyarakat akar rumput dalam Pemilihan Legislatif DKI Jakarta 2019 dan mampu
mengalahkan politisi senior petahana yang berpengalaman di bidang politik.
Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan
kuantitatif, yang melakukan penelitian primer, dengan menyebarkan kuesioner
menggunakan teknik random sampling. Selanjutnya, penelitian ini juga melakukan
wawancara langsung dengan legislator muda pemenang Pemilu Legislatif 2019-2024.
Penelitian kuantitatif berupa analisis eksternal dan penelitian internal dengan melakukan
pendekatan melalui analisis Benchmarking dan Analisis PESTEL. Serta analisis internal
dengan pendekatan C12 New Wave Marketing dan Analisis VRIO.
Dari hasil kajian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan Strategic New
Wave Marketing dengan mengimplementasikan dan merumuskan implementasi 12C yang
mengutamakan New Wave Value dapat membentuk ciri khas personal brand seorang politisi
yang dapat membentuk ikatan dengan komunitas akar rumput. di daerah pilihan mereka.