digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Nabila Mauludi Savitri
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Teknologi edukasi memiliki peran besar untuk membantu pemerataan pendidikan di Indonesia mengingat banyak masalah yang dihadapi seperti jumlah dan kualitas pendidik yang buruk, infrastruktur yang belum berkembang, dan pandemi COVID-19 yang telah meningkatkan minat pada program online. Hal ini merupakan peluang besar bagi Study Board Education untuk mengembangkan platform EdTech dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Permasalahan yang dihadapi Study Board Education adalah strategi pemasaran yang tidak efektif karena tidak diketahuinya karakteristik dari segmen yang dituju bagi produk Study Board Academy Program Internasional. Oleh karena itu, peneliti Nabila Mauludi Savitri (14418039) melakukan penelitian dengan judul ‘Pengembangan Strategi Content Marketing dalam Akuisisi Pelanggan Berdasarkan Segmentasi Konsumen Study Board Education Berbasis Intensi dan Penggunaan Platform E-Learning’. Penelitian ini bertujuan untuk pengidentifikasian variabel utama yang berpengaruh terhadap intensi dan penggunaan aktual platform e-learning Study Board Academy Program Internasional. Oleh karena itu, dibangun model berdasarkan penelitian terdahulu yang relevan dengan intensi dan penggunaan aktual platform e-learning juga dilakukan in-depth interview kepada beberapa pelajar SMA. Model tersebut dianalisis dengan teknik partial least squares structural equation modelling (PLS-SEM) untuk pengidentifikasian variabel utama yang memengaruhi intensi dan penggunaan aktual platform e-learning. Namun untuk mempermudah Study Board Education dalam penentuan target pasar, dilakukan analisis latent class clustering dengan teknik finite mixture partial least squares untuk pembentukan segmen konsumen berdasarkan variabel utama. Hasil dari penelitian ini didapatkan tiga segmen yang terbentuk berdasarkan perbedaan variabel utama yang memengaruhi intensi dan penggunaan aktual platform e-learning, yaitu “Quality Focus”, “Convenience Driven”, dan “Impressionable”. Target segmen yang dipilih adalah “Impressionable”, segmen yang intensi dan penggunaan aktual penggunaan platform e-learning dipengaruhi oleh manfaat dan kesenangan yang diperoleh dari melakukan online learning, juga pengaruh lingkungan konsumen segmen tersebut. Temuan penelitian ini digunakan untuk perancangan rekomendasi strategi content marketing berdasarkan model 2PDM: perencanaan, produksi, distribusi, pengukuran dan optimisasi strategi content marketing.