digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2022 TS PP TSAMARAH NADIYAH 1.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Pernikahan merupakan salah satu momen penting dalam perjalanan hidup manusia. Fenomena wedding sebagain profan aktualisasi diri semakin banyak terlihat, value pernikahan yang bergeser dari sebuah acara sakral kini juga menjadi ‘ajang unjuk diri’. Hal tersebut berdampak pada pertumbuhan jasa dalam bidang pernikahan di Indonesia semakin pesat, salah satunya wedding organizer. Peningkatan jumlah wedding organizer yang selanjutnya disebut dengan WO mungkin juga menjadi ancaman tersendiri bagi para pelaku bisnis ini dalam mendapatkan atensi klien. Wedding organizer (WO) merupakan suatu organisator yang tidak dapat berdiri sendiri tanpa stakeholder (vendor) bisnis nya yaitu; wedding décor, catering, wedding attire, makeup artist, dsb. sedangkan vendor-vendor tersebut dapat berdiri sendiri tanpa harus bergantung pada satu WO, sebab mereka memiliki produk dan jasa yang dapat ditawarkan kepada klien. Dari fenomena wedding sebagai profan aktualisasi dan melesatnya peningkatan jumlah WO saat ini, memilih sebuah WO untuk digunakan jasanya tidak dapat dianggap remeh. Desain ikut andil dalam mengembangan suatu bisnis tanpa kecuali untuk bisnis WO. Pada penelitian ini penulis akan menjabarkan aspek desain khususnya komunikasi visual (DKV) apa saja yang di emphasis ekosistem WO dalam membangun eksistensinya dengan menggunakan metode kualitatif eksplanatif sehingga dapat mengelaborasi dan memahami bisnis dan desain dari segi sistem dan implementasi. Diharapkan dengan adanya penelitian ini nantinya dapat menjadi rujukan penelitian desain selanjutnya terkait objek WO dari perspektif lainnya, bagi pelaku bisnis sendiri dapat menjadi referensi pengembangan desain seputar eksistensi merek bisnisnya, serta bagi akademisi penelitian ini menjadi rekomendasi penelitian terkait bidang bisnis dan desain.