digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2022 SK PP Andaris Hertiar-Abstract.pdf?
PUBLIC Abdul Aziz Ariarasa

BTS Meal, produk yang diproduksi dari kolaborasi McDonald’s dan BTS, dirilis di Indonesia pada bulan Juni tahun 2021. Strategi endorsement selebriti oleh McDonald’s menghasilkan gelombang demand terhadap produk tersebut dan 32 cabang McDonald’s di Jakarta, ibukota dari Indonesia, terpaksa untuk tutup. Menggunakan metode kuantitatif, riset ini akan menilai faktor pengaruh dari perilaku yang ditunjukan oleh konsumen. Riset ini dilakukan menggunakan survey online yang diisi oleh 56 peserta menggunakan metode sampling snowball. Peserta riset ini berumur 18-25 tahun dan pernah membeli BTS Meal. Data tersebut lalu diproses menggunakan regresi analisis path. Customer Loyalty tidak mempunyai pengaruh terhadap Buying BTS Meal secara langsung maupun tidak langsung. Tetapi, Role Model dan Perception mempunyai pengaruh secara langsung terhadap Buying BTS Meal. Selain itu, Role Model juga mempunyai pengaruh terhadap Buying BTS Meal secara tidak langsung yang di mediasi oleh Perception. Mensejajarkan target demografi sebuah brand dengan demografi sebuah selebriti akan menghasilkan strategi endorsement selebriti yang efektif. Jika nilai dari endorser cocok dengan nilai brandnya, produk yang dihasilkan dari kolaborasi tersebut akan memikat tipe konsumen yang luas di luar penggemar selebriti tersebut, dengan demikian menghasilkan kenaikan penjualan dari produk.