digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dengan situasi pandemi adopsi teknologi dan produk digital semakin cepat dan berkembang, situasi ini membuat pertumbuhan industri startup semakin pesat. Banyak startup gagal di tengah proses. Tidak adanyanya pasar masih menjadi alasan terbesar mengapa startup gagal. iSeek, sebagai startup baru yang menawarkan layanan melalui produk digital, menghadapi masalah pemasaran yang melaporkan strategi pemasaran yang diterapkan oleh iSeek tidak memenuhi target dalam hal tingkat kesadaran dan keterlibatan yang menyebabkan sedikit tingkat konvensi untuk layanan iSeek. Masalah ini menjadi pertanyaan bagi perusahaan itu sendiri apakah iSeek benar-benar memiliki nilai yang diinginkan pelanggan atau tidak. Peneliti mencoba untuk mengetahui nilai- nilai apa yang diinginkan oleh pelanggan produk digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai yang dapat mempengaruhi keinginan pelanggan untuk menggunakan produk digital, khususnya di bidang sumber daya manusia dan rekomendasi untuk meningkatkan kinerja pemasaran produk digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan manual coding sebagai teknik pengolahan data untuk mengidentifikasi nilai-nilai yang diinginkan oleh pelanggan suatu produk digital. Data dikumpulkan dari empat belas peserta wawancara yang berdomisili di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat berusia 19 hingga 24 tahun. Temuan menunjukkan beberapa aspek yang dapat mempengaruhi keinginan pelanggan terhadap produk atau layanan tertentu seperti kemudahan penggunaan produk, informasi relevan, keselamatan dan keamanan, ruang lingkup dalam produk digital, dan personalisasi. Disarankan untuk memiliki pemahaman dan pendekatan yang lebih baik untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk tentang manfaat yang dapat mereka rasakan dan juga umpan balik pelanggan dan layanan purna jual untuk meningkatkan pemasaran produk atau layanan digital.