digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Det-Urgent adalah perusahaan yang memproduksi deterjen ramah lingkungan. Perusahaan saat ini mempromosikan produknya melalui Instagram. Namun, hasilnya tidak cukup baik. Berdasarkan penelitian, salah satu alat paling penting untuk pemasaran konten untuk meningkatkan keterlibatan online di Instagram adalah jenis konten. Ada tiga jenis konten yang digunakan dalam penelitian ini yaitu konten rasional, konten interaksional, dan konten transaksional. Namun perusahaan masih belum mengetahui konten mana yang paling berdampak pada Det-Urgent Instagram. Jadi, studi baru dilakukan untuk mengetahuinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara jumlah online engagement menggunakan jenis konten yang berbeda, menemukan jenis konten yang paling cocok untuk Det-Urgent, serta memberikan rekomendasi untuk strategi konten Det-Urgent. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan total 3554 data historis yang dikumpulkan dari postingan Instagram 4 pesaing Det-Urgent. Untuk analisis data, peneliti menggunakan uji Kruskal-Wallis dan Dunn test untuk mengetahui pengaruh tipe konten terhadap engagement. Berdasarkan hasil penelitian ini, jumlah komentar dan suka untuk setiap jenis konten adalah signifikan. Dari semua konten tersebut, konten interaksional memberikan dampak paling baik terhadap likes dibandingkan konten jenis lainnya. Dan konten interaksional dan transaksional memberikan dampak paling positif pada komentar dibandingkan konten rasional. Selain itu, ada beberapa rekomendasi untuk strategi media sosial Det-Urgent seperti memposting lebih banyak konten interaksional untuk meningkatkan suka, memposting lebih banyak konten interaksional dan transaksional untuk meningkatkan komentar, membuat konten lebih lugas, related , dan menarik secara visual, berkolaborasi lebih banyak dengan influencer, dan memposting lebih banyak konten pada hari Senin dan Rabu untuk meningkatkan keterlibatan.