digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Aristyo Hadikusuma
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 1 Aristyo Hadikusuma
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 2 Aristyo Hadikusuma
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 3 Aristyo Hadikusuma
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 4 Aristyo Hadikusuma
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 5 Aristyo Hadikusuma
PUBLIC Alice Diniarti

PUSTAKA Aristyo Hadikusuma
PUBLIC Alice Diniarti


Pencarian hotel sangat dipermudah oleh maraknya travel agent yang sudah ada di Indonesia. Kemanapun dan dimanapun pengguna berasal, dapat memastikan jadwal keberangkatan dengan cepat dan efisien. Akan tetapi hal tersebut akan tercapai dengan cepat jika pengguna sudah mempunyai pengalaman menginap di hotel yang diminati. Masalah terjadi jika referensi yang diminati tidak sesuai dengan harapan. Oleh karena itu pengguna cenderung menghabiskan waktunya untuk mencari tahu pengalaman pengguna lain yang sudah menginap dengan membaca review atau komentar. Berdasarkan kebutuhan akan peminatan pesanan hotel yang begitu banyak dan penilaian akan kualitas hotel belum maksimal dilakukan maka menawarkan solusi pembuatan indikator penilaian berdasarkan ulasan yang dikomentari oleh pengunjung. Dengan metode SentiStrength maka pembobotan kata berdasarkan kata yang sering muncul. Maka dapat memberikan kategori sentimen ulasan untuk mengetahui kondisi hotel berdasarkan ulasan yang diberikan. Dan akan diberikan rekomendasi berdasarkan penilaian positif, negatif serta netral dalam mengomentari kondisi hotel dengan bentuk ulasan setiap pelanggan yang berkunjung. Hal yang sangat membantu pelanggan dalam menentukan kondisi hotel berdasarkan penilaian sentimen yang baik.