digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dalam grafik komputer, Wang-Tile adalah metode yang dapat digunakan untuk memberikan tekstur ke permukaan luas tanpa terdapat repetisi pola yang jelas. Kompleksitas utama metode ini terdapat pada proses pembuatan sekelompok Wang-Tile dari target tekstur yang diinginkan. Semua metode pembuatan Wang- Tile dari sampel tekstur yang ada sekarang dibuat menggunakan pendekatan non- parametrik, mengacak dan menyusun tekstur untuk menghasilkan sekelompok Wang-Tile yang menyerupai tekstur masukan dan dapat digunakan untuk menutupi permukaan seluas apa pun. Metode metode ini dapat menghasilkan tekstur dengan kualitas yang bagus untuk berbagai jenis tekstur, namun pada umumnya kesulitan dalam memproses tekstur terstruktur. Penggunaan pendekatan parametrik untuk membuat Wang-Tile berpotensi untuk mengatasi hal ini. PSGAN (Periodic-Spatial Generative Adversarial Network) adalah model parametrik yang dilatih pada sebuah tekstur dan model akan dapat mengeluarkan tekstur yang serupa dengan ukuran yang bebas. Model ini juga terbukti dapat menghasilkan tekstur terstruktur seperti sarang lebah dengan cukup baik. Dengan melakukan beberapa modifikasi pada proses pelatihan dan manipulasi tensor data acak yang digunakan sebagai masukan Generator, model PSGAN ini dapat digunakan untuk membuat Wang-Tile dari sampel tekstur. Metode ini dapat menghasilkan Wang-Tile dari teskstur terstruktur dengan kualitas yang cukup baik. Disisi lain, metode ini dapat mengalami partial Mode-Collapse yang membuat model gagal menghasilkan Wang-Tile dan menghasilkan ubin tekstur biasa.