digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2022 SK PP Krishna Ramaditya-Abstract.pdf)u
PUBLIC Abdul Aziz Ariarasa

Kelangkaan rumput membuat proses penggemukan sapi menjadi mahal dan tidak efisien. Hal ini membuat peternak harus menggunakan pakan baru untuk mengefektifkan kembali proses penggemukan. Di sinilah Nitya, produsen pakan ternak dari rumput laut, hadir sebagai solusi bagi para petani. Nitya menyediakan pakan berkualitas tinggi dengan harga bersaing. Sayangnya, Nitya masih belum memiliki model bisnis yang solid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan model bisnis yang paling cocok untuk Nitya. Awalnya, Nitya telah merancang model bisnis berupa keanggotaan dan penjualan pakan dalam bentuk paket penggemukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara semi terstruktur pada sepuluh peternak sapi. Wawancara dilakukan dengan membandingkan model bisnis yang dirancang Nitya dengan perilaku petani dan kesediaan mereka untuk membayar. Hasil wawancara menunjukkan bahwa model bisnis Nitya sesuai dengan perilaku petani. Oleh karena itu, paket keanggotaan dan penggemukan adalah cara yang paling tepat untuk mentransfer nilai Nitya kepada peternak sapi.