digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Muddhar Try Fhata
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

The Programme for International Student Assessment (PISA) melaporkan bahwa matematika tingkat sekolah menengah atas di Indonesia merupakan mata pelajaran dengan peringkat terbawah. Hal yang sama juga dikemukakan oleh Trends in International Matematika and Science Study (TIMSS) bahwa kemampuan matematika siswa masih berada di peringkat terbawah yaitu kategori keempat pada tingkatan kemampuan matematika. Hasil wawancara dan tes diagnostik juga menunjukkan tingkat pemahaman siswa terhadap materi eksponen masih rendah. Matematika visual merupakan sebuah instrumen yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Tesis ini bertujuan untuk menguji efektivitas dari matematika visual dalam bentuk siniar-video matematika terhadap hasil belajar siswa pada materi eksponen. Penelitian dilakukan pada siswa SMA kelas X dengan menggunakan rancangan penelitian Design Randomized Control Group Pretest – Posttest. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan siniar-video matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa.