digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Studi ini berupaya untuk menyelidiki efektivitas pemasaran digital dari platform media sosial dan bagaimana kaitannya dengan kesadaran kesetaraan gender. Berfokus pada Wowmen Group (sarana media sosial wanita), penelitian ini bertujuan untuk mengungkap persepsi Wowmen Group tentang kesetaraan gender dan kesadaran masyarakat terhadap masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai dan meningkatkan efektivitas pemasaran digital untuk sarana media perempuan, khususnya yang berkaitan dengan peningkatan kesadaran audiens tentang kesetaraan gender. Selain itu, kuesioner yang digunakan akan menjelaskan bagaimana masyarakat memandang kesetaraan gender dan seberapa sadar mereka akan hal itu. Selain itu, penelitian ini diperlukan dari sudut pandang akademis karena kelangkaan studi dan tinjauan literatur tentang hal ini, terutama mengenai "bagaimana fungsi pemasaran digital untuk sarana media perempuan, terutama dalam meningkatkan kesadaran kesetaraan gender masyarakat." Karena topik ini belum mendapat banyak perhatian, penyelidikan ini diperlukan untuk menentukan bagaimana keadaan sebenarnya. Lebih lanjut, dari sisi praktis, efikasi pemasaran digital untuk kesetaraan gender masih jauh dari ideal dan harapan. Untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi kesenjangan dan menunjukkan tindakan yang harus dilakukan untuk mencapai kondisi ideal. Penelitian ini menggunakan penelitian interpretatif dan menggunakan metode campuran baik pendekatan kualitatif maupun kuantitatif. Metodologi akan fokus pada penggunaan wawancara dan kuesioner untuk memeriksa area masalah, yang dikembangkan dari pendekatan interpretivisme. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan induktif yang diawali dengan observasi dan diakhiri dengan berakhirnya proses penelitian. Selain itu, penelitian ini juga mengadopsi pendekatan subjektif, di mana bahasa, persepsi, dan tindakan aktor sosial selanjutnya menghasilkan fenomena sosial. Saat ini, masyarakat sangat mendukung kesetaraan gender. Wowmen Group memandang kesetaraan gender sebagai dasar dasar bagi masyarakat untuk mewujudkan potensi mereka dan bagi perempuan untuk tumbuh, berkembang dan menjadi kuat. Namun, ada beberapa kesalahpahaman di masyarakat bahwa untuk menjadi perempuan yang kuat harus mengalahkan laki-laki, tetapi itu bukanlah mekanisme kesetaraan gender. Dengan menggunakan pemasaran digital, Wowmen Group dapat menyebarkan dampak yang lebih besar tentang kesetaraan gender. Wowmen Group adalah media yang ingin menyebarkan kampanye besar dan luas; Oleh karena itu, Wowmen Group menggunakan media sosial untuk menjangkau khalayak yang lebih luas di seluruh dunia tidak terbatas pada masyarakat Indonesia saja. Wowmen Group telah membawa dampak besar dalam menginspirasi orang untuk mengambil langkah lebih besar ke depan. Dengan demikian, kesetaraan gender telah menjadi isu di masyarakat yang perlahan dan pasti ditangani. Komunitas Wowmen Group merasa bahwa kegiatan Wowmen Group memenuhi kebutuhan mereka akan pendidikan kesetaraan gender. Komunitas ini memiliki beberapa saran untuk Wowmen Group agar mereka dapat berkembang lebih jauh dalam menyebarkan kesadaran kesetaraan gender di komunitas mereka. Mereka menyarankan Wowmen Group untuk membuat lebih banyak kampanye, berkolaborasi dengan lebih banyak organisasi, membuat acara offline, dan menambahkan lebih banyak polling dan kuis untuk meningkatkan interaksi dengan audiens. Saran ini dapat membantu Wowmen Group tumbuh lebih jauh dan lebih berdampak dalam menyebarkan kesadaran kesetaraan gender.