digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan pariwisata Indonesia dari tahun ke tahun terus berkembang, bahkan daya saing sektor pariwisata Indonesia terus meningkat. Seiring dengan ekspansi pariwisata di Indonesia, revolusi digital mengubah dunia secara radikal. Ada jenis pemasaran baru yang disebut pemasaran digital, yang berkembang pesat dan mengintegrasikan gaya dan substansi serta interaksi online dan offline. Sebuah aplikasi dapat membantu wisatawan yang tidak bisa atau tidak punya waktu untuk mempersiapkan rencana perjalanan mereka. Di era baru ini, Travy menawarkan aplikasi yang menampilkan perencana perjalanan yang dipersonalisasi, pemesanan akomodasi, dan informasi destinasi yang lengkap. Sebagai startup tahap awal, ia memiliki masalah dengan konten Instagram yang tidak efektif karena keterbatasan pengetahuan dan waktu anggota tim. Dengan kondisi ini, perlu dikembangkan rencana konten Instagram agar Travy lebih powerfull untuk mendapatkan lebih banyak pengguna untuk aplikasi mereka. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pemecahan masalah dengan mengevaluasi faktor-faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi strategi bisnis Travy yang dimasukkan dalam analisis SWOT dan merangkum temuan sebagai analisis akar penyebab. Hasil analisis struktural akan menjadi dasar untuk membangun solusi bisnis alternatif, implementasi, dan rencana aksi untuk strategi bisnis Travy. Selanjutnya, implikasi dari penelitian ini adalah memperoleh implementasi dan rencana aksi untuk mendapatkan pertumbuhan yang luar biasa dari kinerja Instagram Travy berdasarkan tingkat keterlibatan, suka, dan komentar serta kesadaran merek.