Pandemi COVID-19 yang terjadi tentunya berdampak pada banyak aspek
kehidupan, termasuk perekonomian suatu negara. Di Indonesia, dampak pandemi
COVID-19 dirasakan oleh semua kalangan, termasuk para pelaku UMKM.
Penelitian ini bertujuan untuk menggali faktor-faktor lain yang mempengaruhi
kinerja UMKM selama masa pandemi COVID-19. Penelitian ini juga ingin melihat
apakah ada hubungan antara value co-creation dan inovasi produk terhadap
kinerja pemasaran UMKM selama pandemi COVID-19. Data dalam penelitian ini
dikumpulkan dari kuesioner online dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan
metode campuran sekuensial eksplanatori, artinya penelitian pertama dilakukan
menggunakan analisis kuantitatif kemudian dilanjutkan dengan analisis kualitatif.
Hasil dari penelitian ini adalah value co-creation berpengaruh signifikan terhadap
inovasi produk tetapi value co-creation tidak berpengaruh signifikan terhadap
kinerja pemasaran pada UMKM selama pandemic COVID-19. Selain itu, inovasi
produk berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM selama
pandemic COVID-19. Dari analisis kualitatif ditemukan bahwa ada faktor lain
yang mungkin lebih berpengaruh terhadap kinerja UMKM selama pandemi
COVID-19, yaitu komitmen kewirausahaan, digitalisasi UMKM, dan kualitas
produk. Hasil penelitian ini juga memberikan wawasan bagi para pelaku UMKM
untuk menentukan cara terbaik yang bisa dipilih untuk bertahan di masa pandemi.
Studi lebih lanjut dapat memperluas model yang diusulkan dalam penelitian ini
dengan variabel lain untuk meningkatkan daya prediksi.
Keywords: COVID-19, Inovasi produk, Kinerja pemasaran, UMKM, Value cocreation