digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pandemi COVID-19 yang terjadi tentunya berdampak pada banyak aspek kehidupan, termasuk perekonomian suatu negara. Di Indonesia, dampak pandemi COVID-19 dirasakan oleh semua kalangan, termasuk para pelaku UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk menggali faktor-faktor lain yang mempengaruhi kinerja UMKM selama masa pandemi COVID-19. Penelitian ini juga ingin melihat apakah ada hubungan antara value co-creation dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran UMKM selama pandemi COVID-19. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari kuesioner online dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan metode campuran sekuensial eksplanatori, artinya penelitian pertama dilakukan menggunakan analisis kuantitatif kemudian dilanjutkan dengan analisis kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah value co-creation berpengaruh signifikan terhadap inovasi produk tetapi value co-creation tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM selama pandemic COVID-19. Selain itu, inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM selama pandemic COVID-19. Dari analisis kualitatif ditemukan bahwa ada faktor lain yang mungkin lebih berpengaruh terhadap kinerja UMKM selama pandemi COVID-19, yaitu komitmen kewirausahaan, digitalisasi UMKM, dan kualitas produk. Hasil penelitian ini juga memberikan wawasan bagi para pelaku UMKM untuk menentukan cara terbaik yang bisa dipilih untuk bertahan di masa pandemi. Studi lebih lanjut dapat memperluas model yang diusulkan dalam penelitian ini dengan variabel lain untuk meningkatkan daya prediksi. Keywords: COVID-19, Inovasi produk, Kinerja pemasaran, UMKM, Value cocreation