digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pemasaran menggunakan Instagram menjadi strategi pemasaran yang populer untuk bisnis saat ini. Ringkai Indonesia, salah satu bisnis kecil yang menyediakan camilan sehat untuk anak di Bandung, menggunakan Instagram sebagai alat pemasaran digital utama mereka. Namun, Ringkai memiliki jumlah keterlibatan dan pengikut akun Instagram yang rendah. Hal ini menjadi sebuah permasalahan serius bagi Ringkai untuk bisa terus bersaing dalam penjualan online. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk menemukan faktor signifikan yang mempengaruhi keterlibatan media sosial; kedua, untuk menemukan akar penyebab masalah rendahnya keterlibatan media sosial Ringkai; ketiga, mengembangkan strategi konten pemasaran yang tepat. Riset ini akan mengeksplorasi permasalahan secara komprehensif melalui analisa lingkungan internal dan eksternal. Analisa internal terdiri dari analisis sumber daya dan Analisa external yang terdiri dari PESTEL, Porter Five Forces, analisis pesaing dan analisis pelanggan. Dimana analisis pelanggan dieksplorasi dengan menggunakan survei kuantitatif kepada 236 responden. Hasilnya menunjukkan bahwa konten remunerative dan relasional mempengaruhi secara signifikan. Oleh karena itu, peneliti mengajukan beberapa strategi sebagai solusinya yaitu mengembangkan jadwal posting, mengaktifkan iklan di Instagram, dan membuat konten remunerative dan relasional sebagai upaya meningkatkan keterlibatan media sosial akun Instagram Ringkai. Implikasi dari penelitian ini ditujukan bagi pelaku usaha lainnya di industri camilan sehat untuk anak guna meningkatkan keterlibatan media sosial di Instagram melalui strategi pemasaran Instagram.