digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT. Pembangkitan Jawa Bali atau yang selanjutnya disebut “PJB” adalah anak perusahaan PT PLN (Persero) yang bergerak di Pembangkit Listrik yang sudah beroperasi sejak tahun 1995. Saat ini, PJB mengalami tantangan karena menurunnya pangsa pasar selama 10 tahun terakhir. Market share PJB pada tahun 2010 adalah 25 % sedangkan tahun 2020 hanya 9 %. Penurunan market share tersebut berdampak pada penurunan pendapatan PJB. Sejak terjadinya permasalahan bisnis tersebut, PJB belum melakukan strategi baru untuk meningkatkan revenue perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperbaiki strategi PJB berdasarkan permasalahan yang terjadi dan diharapkan dapat meningkatkan pendapatan lain dari bisnis PJB. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif yang didapatkan dari wawancara dengan manajemen dan karyawan PJB. Analisa data sekunder menggunakan Annual report perusahaan dan literature. Kerangka konseptual yang digunakan dalam penelitian ini diawali dengan analisa lingkungan eksternal dengan menggunakan analisa PESTEL, Porter’s 5 Forces, analisa konsumen dan analisa kompetitor dan analisa internal melalui analisa Resources, Value Chain analysis dan Core Competencies. Dari seluruh hasil analisa dirangkum dalam analisa SWOT. Setelah dilakukan analisa, permasalahan utama ada pada internal organisasi yang belum mempersiapkan organisassi baru untuk mendukung bisnis baru PJB. Strategi yang diusulkan berdasarkan hasil penelitian adalah strategi integrasi differensiasi dan cost leadeship. Selain itu untuk memperbaiki strategi PJB diawali dengan perubahan struktur organisasi. Peneliti memberikan gambaran Strategi Map untuk mencapai keunggulan bersaing.