digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Permasalahan yang dihadapi Indonesia adalah asupan protein masih dari biji-bijian dan pangan nabati berdasarkan data BPS Susenas Maret 2020 sebesar 30,91% masih mengkonsumsi biji-bijian dan pangan nabati. Berdasarkan masalah konsumen dan peluang pasar, CAMELIFE adalah perusahaan yang menciptakan produk Suplemen Olahraga berupa suplemen Whey Protein, yang membantu pelanggan memenuhi kebutuhan protein sehari-hari. Dengan fitur yang ditawarkan oleh Instagram CAMELIFE menggunakan Instagram sebagai platform utama untuk mempromosikan brand. Namun, berdasarkan Analisa promosi Instagram CAMELIFE berkinerja buruk yang menyebabkan rendahnya interaksi di akun akun Instagram dan menyebabkan kurangnya penjualan di perusahaan. Karena situasi tersebut, strategi Promosi Instagram harus dikembangkan untuk CAMELIFE untuk meningkatkan kinerja Instagram-nya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan strategi pemasaran promosi Instagram yang efektif untuk CAMELIFE. Penelitian ini menggunakan pendekatan Problem Solving dengan menganalisis faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi strategi promosi Instagram CAMELIFE dan menggunakan analisis Fishbone untuk menganalisa temuan yaitu akar penyebab. Implikasi dari penelitian ini adalah implementasi solusi yaitu Mempekerjakan sumber daya manusia baru untuk mengefektifkan proses kerja guna memaksimalkan potensi strategi promosi, Mendaftar ke program inkubator untuk mendapatkan tambahan dana, Mengikuti kursus pemasaran digital online untuk mengoptimalkan, Mengembangkan Rencana Konten Instagram, Pengesahan dan Aktivasi Giveaway untuk membuat aktivasi konten dan mendapatkan lebih banyak keterlibatan, dan pengembangan rencana tindakan untuk strategi promosi Instagram yang efektif. Kata Kunci: Bisnis Suplemen Olahraga, Camelife, Promosi Instagram, Penjualan Online