2022 TA PP SIROJUL MUNDZIR 1.pdf)u
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Rasa ingin tahu yang kuat mengenai ledakan berbagai informasi begitu digandrungi
oleh banyak orang umunya terjadi karena takut ketinggalan informasi. Fenomena seperti
ini sering disebut dengan istilah kepo atau dikenal dengan Knowing Every Particular
Object. Kurangnya orang untuk bisa menetukan batasan diri sendiri dan juga kurang
jelasnya batasan mengenai kepo yang menjurus ke ranah privasi, membuat orang
semakin merasa bebas dengan mudahnya menanyakan hal-hal yang tidak sepantasnya
untuk ditanyakan. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini adalah dirancangnya
sebuah program kampanye sosial dengan tujuan terciptanya strategi dan konsep serta
dihasilkannya visualisasi media perancangan kampanye sosial yang dapat meningkatkan
awareness mengenai batasan diri sendiri menghadapi fenomena knowing every particular
object (kepo) dalam lingkungan masyarakat untuk dewasa muda. Pengumulan data
dilakukan melalui survei dan wawancara, sedangkan pengumpulan informasi mengenai
pendukung dilakukan melalui studi literatur dan wawancara dengan para ahli. Metode
perancangan tiga tahap yaitu tahap menentukan strategi, tahap menentukan konsep, dan
tahapan eksekusi media. Perancangan kampanye sosial ini diharapkan menjadin bentuk
kesadaran dan apresiasi bagi individu di lingkungan sosial untuk memberikan awareness
pentingnya menjaga privasi orang lain karena privasi sudah sepatutnya untuk dijaga dan
bukan jadi bahan konsumsi bersama.