Seiring dengan adanya perkembangan teknologi, jumlah layanan pembayaran digital
yang hadir di Indonesia terus meningkat dan menjamur. Hal ini menimbulkan ada
banyaknya opsi layanan pembayaran digital yang dapat digunakan oleh pengguna. Hal
ini tentunya menimbulkan masalah baru yaitu tersebarnya uang yang dimiliki pengguna
ke berbagai layanan pembayaran digital. Tugas akhir ini bermaksud untuk merancang
sebuah prototipe aplikasi yang dapat mengintegrasikan berbagai layanan pembayaran
digital dengan fungsionalitas yang komprehensif memanfaatkan metodologi usercentered design (UCD) untuk menciptakan desain yang dapat memenuhi kebutuhan
pengguna layanan pembayaran digital yang memiliki lebih dari 1 layanan pembayaran
digital sebagai segmen target pengguna. Tahapan UCD yang dilalui meliputi:
Perencanaan, Penentuan Konteks Penggunaan, Penentuan Kebutuhan Pengguna,
Perancangan Solusi, dan Evaluasi Rancangan. Pengambilan data dilakukan dengan
metode kuesioner dengan pertanyaan yang bersifat kuantitatif dan kualitatif terhadap
120 narasumber yang memenuhi karakteristik persona target pengguna. Analisis
terhadap data yang terkumpul telah berhasil mendefinisikan 13 fitur yang
diimplementasikan ke dalam wujud prototipe low-fidelity dan high-fidelity, yakni Menu
dan Dashboard utama, Akses Layanan Pembayaran Digital, Pencatatan Keuangan
Otomatis, Pay, QR Scanner, Inquiry Page, Transfer, Top Up, Autop Up, Dasbor
Laporan Keuangan, Akun, Anggaran, dan Notifikasi. Fitur-fitur tersebut dirancang dan
diuji dalam tiga iterasi atau tahapan menggunakan metode uji task completion rate dan
single ease questions (SEQ) untuk memenuhi usability goal ‘have a good utility’,
intrinsic motivation inventory (IMI) dengan subskala value/usefulness untuk memenuhi
user experience goal ‘helpful’ serta system usability scale (SUS). Skor tertinggi yang
dicapai rancangan prototipe pada masing-masing metode uji adalah: task completion
rate = 100%; SEQ = 6,58 dari 7; IMI value/usefulness = 6,5 dari 7; dan SUS = 89 dari
100. Dengan demikian, disimpulkan bahwa rancangan prototipe yang sudah dibuat
berhasil menjadi desain aplikasi layanan pembayaran digital yang memenuhi
kebutuhan target penggunanya dengan skor penilaian yang memuaskan.