digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Seiring dengan adanya perkembangan teknologi, jumlah layanan pembayaran digital yang hadir di Indonesia terus meningkat dan menjamur. Hal ini menimbulkan ada banyaknya opsi layanan pembayaran digital yang dapat digunakan oleh pengguna. Hal ini tentunya menimbulkan masalah baru yaitu tersebarnya uang yang dimiliki pengguna ke berbagai layanan pembayaran digital. Tugas akhir ini bermaksud untuk merancang sebuah prototipe aplikasi yang dapat mengintegrasikan berbagai layanan pembayaran digital dengan fungsionalitas yang komprehensif memanfaatkan metodologi usercentered design (UCD) untuk menciptakan desain yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna layanan pembayaran digital yang memiliki lebih dari 1 layanan pembayaran digital sebagai segmen target pengguna. Tahapan UCD yang dilalui meliputi: Perencanaan, Penentuan Konteks Penggunaan, Penentuan Kebutuhan Pengguna, Perancangan Solusi, dan Evaluasi Rancangan. Pengambilan data dilakukan dengan metode kuesioner dengan pertanyaan yang bersifat kuantitatif dan kualitatif terhadap 120 narasumber yang memenuhi karakteristik persona target pengguna. Analisis terhadap data yang terkumpul telah berhasil mendefinisikan 13 fitur yang diimplementasikan ke dalam wujud prototipe low-fidelity dan high-fidelity, yakni Menu dan Dashboard utama, Akses Layanan Pembayaran Digital, Pencatatan Keuangan Otomatis, Pay, QR Scanner, Inquiry Page, Transfer, Top Up, Autop Up, Dasbor Laporan Keuangan, Akun, Anggaran, dan Notifikasi. Fitur-fitur tersebut dirancang dan diuji dalam tiga iterasi atau tahapan menggunakan metode uji task completion rate dan single ease questions (SEQ) untuk memenuhi usability goal ‘have a good utility’, intrinsic motivation inventory (IMI) dengan subskala value/usefulness untuk memenuhi user experience goal ‘helpful’ serta system usability scale (SUS). Skor tertinggi yang dicapai rancangan prototipe pada masing-masing metode uji adalah: task completion rate = 100%; SEQ = 6,58 dari 7; IMI value/usefulness = 6,5 dari 7; dan SUS = 89 dari 100. Dengan demikian, disimpulkan bahwa rancangan prototipe yang sudah dibuat berhasil menjadi desain aplikasi layanan pembayaran digital yang memenuhi kebutuhan target penggunanya dengan skor penilaian yang memuaskan.