
ABSTRAK Alma Nuradnan Pramudita
PUBLIC Irwan Sofiyan 
COVER - Alma Nuradnan P.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan 
BAB I - Alma Nuradnan P.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan 
BAB II - Alma Nuradnan P.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan 
BAB III - Alma Nuradnan P.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan 
BAB IV - Alma Nuradnan P.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan 
BAB V - Alma Nuradnan P.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan 
PUSTAKA Alma Nuradnan Pramudita
PUBLIC Irwan Sofiyan 
LAMPIRAN - Alma Nuradnan P.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan
Simulasi interaktif dapat menjadi sumber belajar mandiri. Terkait tesis ini, telah
dikembangkan situs web berisi simulasi materi astronomi posisi. Topik astronomi
posisi dipilih karena tidak melibatkan banyak konsep fisika. Topik ini juga dapat
menghadirkan kesan kebumian pola gerak benda langit. Penguasaan kesan
kebumian ini diharapkan akan menuntun ke pemahaman dinamika sistem objekobjek
astronomis.
Media tesis ini dikembangkan dengan library JavaScript p5.js. Kerangka kerja ini
dipilih karena JavaScript dapat berinteraksi langsung dengan komponenkomponen
lain situs web: HTML dan CSS. Jika dibandingkan dengan yang telah
dikembangkan oleh pihak-pihak lain, media tesis ini memiliki keunggulan
berformat elemen interaktif pada situs web responsif. Hanya diperlukan peramban
dan akses internet untuk menjalankannya. Selain itu, fitur yang diterapkan
dirancang sedemikian rupa sehingga memungkinkan dibuat atau dipecahkannya
soal latihan perhitungan astronomi posisi.
Tujuan penelitian ini yaitu mengungkap efektivitas media yang telah dibuat.
Metode yang digunakan yaitu menguji hipotesis adanya kenaikan nilai dan
menghitung n-gain antara pre-test dan post-test setelah responden terpapar media.
Didapati bahwa untuk tingkat signifikansi 0,05, terdapat kenaikan nilai pada
seluruh responden setelah terpapar media tesis. Didapati pula n-gain sebesar
0,272–0,288 pada topik koordinat langit dan 0,498–0,546 pada topik tanggal
Julian untuk seluruh responden.