digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2022 TA PP DANIEL ABRAHAM 1 .pdf)u
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Semenjak tahun 2020, mayoritas masyarakat dunia menjalankan social distancing serta isolasi mandiri. Masyarakat harus beralih kepada sosial media sebagai satu-satunya sarana bersosialisasi. Setelah berlangsung hampir 2 tahun, banyak orang merasa kesulitan untuk bersosialisasi terus menerus secara daring. Kejadian ini berujung pada meningkatnya tingkat gangguan kesehatan psikologis. Mayoritas orang beralih pada komunikasi daring melalui media sosial. Bersosialisasi di media sosial tidak dapat menjadi subtitusi interaksi langsung antar manusia karena sifatnya yang semi-pasif. Pandemi membuka pintu bagi para dewasa muda khususnya mahasiswa untuk meluangkan waktu bermain game online, banyak orang yang baru menyadari akan kemampuan game dalam menyatukan pertemanan (Zhu, 2021). Oleh karena itu dibutuhkan kegiatan dengan memanfaatkan gaming sebagai sarana bersosialisasi, pemain di seluruh dunia dapat mencegah terjadinya rasa kesepian saat melaksanakan isolasi sosial dengan memberikan pemain sensasi escapism yang membantu dalam menjaga kesehatan psikologis (Bryan Lufkin, 2020). Oleh karena itu penting lakukan kampanye sosial untuk mengajak Mahasiswa ITB untuk tetap melakukan kegiatan bermain game bersama dalam gerakan #GamingKampus sebagai outlet bersosialisasi dan menjaga kesehatan psikologis di masa PSBB COVID-19.